Mengenal Dunia Jurnalistik Lebih Dekat

Dalam rangka membekali mahasiswa di bidang kepenulisan dan pengelolaan majalah, Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Pelatihan dan Penyuntingan Majalah Kampus pada tanggal 12-14 Mei 2009. Bertempat di Sasana Budaya UM, pelatihan ini diikuti oleh 150 mahasiswa dari berbagai Fakultas di  UM.
Para pemateri dalam kegiatan ini berasal dari dosen dan praktisi yang berkompeten di dunia kepenulisan dan jurnalistik. Mereka adalah Drs. H. Mistaram, M.Pd, Drs. H. A. Sugeng Rahayu, dan Djajusman Hadi, S. Sos, M. AB, yang merupakan Penyunting majalah Komunikasi UM, Choirul Anwar, Pimpinan Redaksi Radar Malang, M. Haninul Fuad, Praktisi dunia Jurnalistik, dan Karkono, S.S, dosen Sastra Indonesia UM. Materi yang disampaikan seputar penulisan berita, artikel, cerpen, puisi, teknik penyuntingan majalah kampus, manajemen redaksi dan etika pers jurnalistik. Pemaparan materi dikemas dalam bentuk yang lebih interaktif karena melibatkan peserta untuk praktik langsung latihan menulis berita dan cerpen. Naskah hasil latihan tersebut kemudian diserahkan ke panitia dan dinilai oleh pemateri masing-masing bidang. Pada sesi penulisan artikel, beberapa naskah peserta yang terbaik berhak memperoleh hadiah pulsa gratis dari pemateri.
Acara yang berlangsung pukul 13.00 hingga 17.30 selama tiga hari ini, mendapat respon positif dari para peserta, salah satunya Rara. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, saya harap sering diselenggarakn tiap tahun oleh UM”, ujarnya. ?Num

Bagikan informasi ini:

14 Comments

  1. mau donk ikutan jadi seorang jurnal

  2. wah jadi lebih tertarik lagi nih dengan dunia informasi,,,

  3. Untuk betty,
    Menjadi seorang jurnalist memang banyak manfaatnya, baik sekarang maupun kelak.
    InsyaAllah Komunikasi akan menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik setiap tahun. Ikut saja. Ok
    Terimakasih

    Salam kenal.
    Redaksi

  4. Untuk AP, P,
    InsyaAllah Komunikasi akan menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik setiap tahun. Ikut saja karena banyak manfaatnya. Ok
    Terimakasih

    Salam kenal.
    Redaksi

  5. terima kasih sebelumnya sudah bersedia membaca ini
    saya beberapa bulan lagi akan lulus smp dan rencananya saya ingin mengambil jurusan Bahasa di sma karena nilai bahasa inggris dan bahasa indonesia saya selalu memuaskan..saya hanya ingin bertanya apa jurusan yang saya ambil sudah tepat untuk melebarkan kesempatan saya berkarir di dunia jurnalistik…dan universitas dengan fakultas apa yang seharusnya saya ambil nanti?
    thanks a lot for read this

  6. Kudos to that!

  7. Yes?

  8. Kudos to that!

  9. Stunning quest there. What happened after? Take care!

  10. Pretty useful document.

  11. How about checking this site since it should solve all your problems.

  12. Cheap Gamer Nation – Your Source to Finding Cheap Video Games

  13. rhythmtown warning godet dufour Pey-Kee arngrim cavort launderette freighter

  14. Found that on WINDOWS LIVE MESSENGER and I’m just glad Used to do. Interesting write-up.