Pendidikan untuk Daya Saing Bangsa

Oleh: Sri Rahayu

Salam hangat kepada seluruh pembaca majalah komunikasi. Rubrik salam redaksi kali ini menampilkan tentang kegiatan yang berkaitan dengan hari Kartini dan hari Pendidikan Nasional. Peringatan hari Kartini dan Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan, terutama di bidang pendidikan. Kepedulian Universitas Negeri Malang terhadap dosen perempuan senior yang telah mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik antara lain dengan diluncurkannya penelitian dari Pusat Studi Wanita yang mengambil tema peran dosen senior wanita dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Penelitian ini dilakukan di lima fakultas di lingkungan UM.
Perjuangan dalam pendidikan dan profesi juga dilakukan oleh para dosen wanita yang ada di UM, salah satu dosen wanita UM yang dapat mengukir prestasi di bidang penelitian antara lain adalah Dr. Endang Suarsini, M.S yang akan kami turunkan di dalam profil dosen di edisi kali ini. Bu Endang, begitu biasa teman sejawat dan mahasiswa memanggilnya, merupakan dosen wanita dari Jurusan Biologi FMIPA yang dapat memberikan tauladan bagi teman dan mahasiswa, karena kepeduliannya terhadap kegiatan kemahasiswaan dalam bidang penalaran. Selain itu beliau juga dosen yang mempunyai produktivitas penelitian cukup banyak, hasil penelitian berupa penemuan spesies bakteri baru yang dapat digunakan untuk bioremidiasi limbah cair adalah hal yang terbesar.
Setiap kali kita memperingati hari Pendidikan Nasional, kita akan mengenang seorang tokoh Nasional yang sangat berjasa di bidang pendidikan nasional yaitu, Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia yang telah berjuang dalam upaya mencerdakan bagi kehidupan bangsa kita.
Kita berada dalam kehidupan yang terus berubah dengan cepat, kemajuan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) terutama perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang menyebabkan persaingan antar bangsa yang ketat dalam era globaliasi ini. Dalam menghadapi hal tersebut tiada lain yang kita lakukan, antara lain adalah meningkatkan kemampuan, kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia melalui pendidikan yang bermutu.
Salah satu indikator meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan pemahaman terhadap sains. Sebagaimana kita ketahui sains mempunyai peranan yang sangat penting dalam penerapan teknologi. Untuk itu kemampuan penguasaan teknologi tidak hanya ditingkatkan melalui ketrampilan menggunakan teknologi, tetapi juga melalui daya nalar dan daya kreasi di setiap jenjang pendidikan. Hal tersebut merupakan landasan yang kokoh untuk meraih mutu pendidikan dalam meraih masa depan bangsa yang lebih maju. Sarana dan prasarana yang ada di UM telah dapat menunjang kegiatan daya nalar mahasiswa di bidang sains. Pemanfaatan laboratorium dalam pengajaran maupun penelitian oleh dosen-mahasiswa merupakan usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang dilakukan di lingkungan kampus UM. Namun demikian belum sepenuhnya laboratorium yang ada di UM dapat menjawab semua permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan, hal itu merupakan tantangan yang harus dicari solusi pemecahannya.
Guna menjawab berbagai kekurangan dan tantangan dalam membangun pendidikan Nasional UM telah mempunyai perencanaan strategis jangka pendek maupun jangka panjang. Adanya tim Penjaminan Mutu di UM merupakan bukti konkrit bahwa UM akan menghasilkan lulusan Sarjana (S1, S2 dan S3) yang berkualitas dan dapat diandalkan serta berdaya saing tinggi di pasar kerja. Selain itu lulusan Diploma yang dihasilkan oleh UM juga mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan lulusan PT lain.
Bangsa Indonesia mempunyai sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah, dengan keragaman hayati, geologi dan budaya yang luar biasa. Namun semua kekayaan alam tersebut belum bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa karena belum diolah, dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana. Untuk itu diperlukan sumberdaya manusia unggul yang mampu mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut.
Akhir kata dalam memperingati hari Kartini dan hari Pendidikan Nasional saya ingin mengajak pembaca untuk bersama-sama membangun dan memajukan pendidikan agar bisa menyongsong masa depan yang gemilang, dengan berkarya sebaik mungkin di bidang kita masing-masing agar Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan mampu bersaing. Semoga.

?Penulis adalah anggota penyunting majalah Komunikasi yang juga dosen di Jurusan Biologi FMIPA UM

Bagikan informasi ini:

One Comment

  1. Tantric Massage London | Shakti Massages Suite 440 405 Kings Road, London SW10 0BB 07400 741432 ?