Biodata
Nama lengkap    : Rahmawati Aprilanita
TTL        : Pasuruan, 22 April 1988
Alamat         : Jl. SMK TRISAKTI 16 Beji-Pasuruan
Jurusan, angkatan    : Sastra Inggris 2006
Alamat e-mail    : rahma_anita22@yahoo.com
Hobi         : Adventuring, travelling, friendship, mendengarkan musik
Motto         : Know who you are is the best way to live
Organisasi    : Di UM    : IPRI, Forkis, dan Al Furqon
Di USA    : Habitat For Humanity, Student Alumni Assocation
Pendidikan    : SDN Pogar II Bangil-Pasuruan
SMPN I Bangil-Pasuruan
SMKN I Bangil-Pasuruan

Mendapat kesempatan untuk studi di luar negeri adalah sebuah kesempatan emas. Apalagi jika kita tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Kesempatan emas inilah yang berhasil didapatkan oleh Rahmawati Aprilanita, mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Sastra angkatan 2006 ini selama satu semester mendapat kesempatan untuk kuliah di Amerika Serikat. Bagaimana kisah mahasiswa yang akrab dipanggil Rita ini selanjutnya?  Berikut hasil wawancara reporter komunikasi dengan Rita beberapa hari setelah ia tiba di tanah air.
Bagaimana awalnya sehingga Anda kemudian terpilih untuk menjadi penerima beasiswa Aminef?
Saya melihat pengumuman yang tertempel di lorong J dan kemudian berusaha memenuhi semua syarat dokumen untuk dikirim ke kantor AMINEF di Gedung Balai Pustaka, Jakarta Pusat. Setelah kurang lebih 2 minggu saya mengirimkan dokumen, staff AMINEF menelepon saya untuk mengabarkan bahwa saya lolos untuk seleksi berikutnya yang akan diadakan di Jakarta. Setelah saya melalui tes TOEFL dan wawancara di Jakarta, satu setengah bulan berikutnya saya ditelpon untuk ditanyakan kapan saya akan lulus kuliah. Dua minggu setelah itu, saya menerima surat dari AMINEF yang menyatakan bahwa saya dinyatakan secara resmi terpilih menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti program ini, GLOBAL UNDERGRADUATE EXCHANGE PROGRAM 2008.
Apa saja yang Anda dapatkan sebagai kompensasi memperoleh beasiswa ini?
Kompensasi dalam bentuk materi yaitu semua biaya telah ditanggung oleh pihak Amerika Serikat dengan kata lain Fullscholarship. Saya tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk program ini. Saya hanya mengeluarkan biaya untuk paspor dan tes kesehatan serta vaksin. Selama tes di Jakarta, semua biaya  tiket pesawat dan hotel serta uang saku selama di Jakarta sudah disediakan oleh pihak AMINEF. AMINEF adalah kepanjangan dari American Indonesian Exchange Foundation atau badan yang menangani pertukaran orang Indonesia dan Amerika.
Segala sesuatu yang saya perlukan untuk kuliah sudah diurus oleh World Learning dan pihak kampus. Saya tinggal belajar dengan tekun saja karena semua sudah diurus termasuk uang saku perbulan.
Berapa lama Anda di AS?
Saya terpilih untuk periode Spring 2009 yang berdasarkan kalender akademik kampus saya, Juniata College dimulai Januari dan berakhir tanggal 14 Mei. Saya kurang lebih 17 minggu berada disana.
Apa yang memotivasi Anda untuk berangkat ke AS?
Saya telah lama memimpikan untuk bisa ke luar negeri di mana saya bisa menggunakan bahasa Inggris secara intensif. B  ahasa Inggris Amerika adalah yang paling mudah dan luas digunakan oleh masyarakat dunia. Selain itu, Amerika adalah negara maju yang paling berpengaruh dan terkenal  di dunia. Saya ingin merasakan sendiri bagaimana hidup di negara adidaya itu dan mendapatkan pengalaman hidup untuk diterapkan di kemudian hari.
Apa saja yang Anda lakukan di sana? Di manakah tepatnya lembaga pendidikan yang menerima Anda di sana?
Tujuan program ini adalah menumbuhkan  sikap saling pengertian antar negara di Asia dan  Amerika Latin dengan Amerika Serikat melalui pertukaran pelajar. Mahasiswa berkesempatan untuk belajar dan bermasyarakt di Amerika Serikat selama program 1 atau 2 semester. Saya terdaftar sebagai mahasiswa Juniata College, nama kampus saya yang terletak di 1700 Moore Street di kota kecil yang nyaman, aman  dan asri, Huntingdon, negara bagian Pennsylvania.
Apa saja persiapan Anda sebelum berangkat ke AS?
Mengetahui bagaimana orang Amerika hidup dengan prinsip dan gaya hidup mereka dari sumber yang terpercaya, memperbaiki dan meningkatkan kosakata dan tata bahasa Inggris saya, memperbanyak wawasan tentang Indonesia terutama kebudayaan dan sejarahnya, belajar sedikit bahasa Jepang, membeli souvenir dan aneka kerajinan dari Indonesia dan mendalami Islam.
Apa yang berkesan dan tidak dapat Anda lupakan hingga sekarang?
Semua proses dari awal saya mendaftar program ini hingga pulang dari Amerika Serikat. Semua hari-hari yang saya lalui di Amerika Serikat bersama dengan orang-orang Amerika Serikat dan negara lainnya sangatlah membahagiakan. Saya selalu ingat semua orang yang sudah saya kenal baik dan orang-orang yang pernah saya temui. Orang Amerika sangatlah ramah, mempunyai rasa menghargai dan menghormati orang lain, pekerja keras dan tepat waktu, jujur serta ringan tangan memberi pertolongan. Orang Amerika ketika memasuki gedung selalu menahan pintu yang mereka buka untuk orang di belakangnya yang akan melewati pintu itu. ?Ind