Seminar Riset dan Teknologi Nasional tentang Global Warming

Maraknya isu global warming nampaknya memaksa segala pihak untuk bersama-sama memikirkan solusi yang terbaik dalam mengatasi permasalahan ini. Inilah yang menginspirasi diadakannya seminar riset dan teknologi nasional dengan mengusung tema “Global warming solution using biotechnology, carbon storage and trading” di aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang  pada 14 Juni lalu. Seminar yang diadakan oleh Forum Studi Sains dan Teknologi Fakultas MIPA ini, telah diikuti oleh 224 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.
Acara yang diselenggarakan atas kerjasama FS2T dengan Lembaga Penelitian UM dan Balitbang ESDM ini, mencoba menawarkan metode CCS (Carbon Capture Storage) sebagai solusi dalam mengatasi global warming untuk diterapkan di Indonesia.  Dalam metode ini, konsep yang ditawarkan mengenai diikatnya  gas CO2 yang berlebih di  udara ke dalam suatu alat, kemudian menginjeksikannya ke dalam perut  bumi. Pengikatan gas CO2 ini dapat diperjualbelikan kepada Negara-negara maju yang turut menyebabkan emisi gas CO2. Selain itu, bagaimana peranan bioteknologi dalam mengatasi global warming dibahas di sini. Bagaimana konsep membuat tanaman menjadi tahan lama, aman dari hama dan penyakit, sehingga akan berperan pula pada pengikatan CO2 dalam proses fotosintesis. Dengan menghadirkan pemateri dari Badan Penelitian dan Pengembangan Energi Sumber Daya Mineral Jakarta yaitu Dr. Usman Pasarai dan pakar Bioteknologi UM, Dr. Subandi, M.Si., materi yang disampaikan mudah diterima oleh peserta. Terlihat sekali bagaimana antusias peserta dalam mengajukan pertanyaan kepada masing-masing pemateri.
Pada sesi terakhir acara terdapat sesi diskusi terbuka yang turut melibatkan peserta sebagai presentator. Peserta mempresentasikan ide kreatif  mereka dalam mengatasi global warming yang telah ditulis sebelumnya pada lembar solusi yang dibagikan panitia. Salah satu  ide tentang penghijauan lingkungan sekolah dan kampus diusulkan oleh salah satu peserta yang merupakan guru SMP di Malang. Acara berlangsung seru dan menarik, pemutaran video tentang global warming membuat trenyuh para peserta. Diharapkan dengan mengikuti seminar ini para peserta dapat menyadari pentingnya menjaga lingkungan dengan bersama-sama memikirkan bagaimana solusi terbaik untuk mengurangi pemanasan global ini, demikian salah satu pesan yang disampaikan oleh M. Rizal Pahluvi dalam sambutannya sebagai ketua pelaksana seminar riset dan teknologi nasional ini. ?Jul

Bagikan informasi ini:

2 Comments

  1. Thanks, always enjoy reading your content.

  2. Die beste camgirls seite im Deutschland !!!!