Peringkat Webometrics UM Tertinggi diantara Eks IKIP se-Indonesia

Dari waktu ke waktu deretan prestasi yang diraih Universitas Negeri Malang terus menerus bertambah. Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno pada konferensi pers  yang dihadiri wartawan dari berbagai media di Malang (14/9) menyebutkan bahwa berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics pada edisi Juli 2009, peringkat UM adalah 2.791 dunia dari sekitar 17.000 universitas sedunia, 82 Asia Tenggara dan 13  dari 39 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam daftar Webometrics. Yang lebih membanggakan lagi, dari peringkat tersebut, UM menempati posisi tertinggi diantara universitas Eks IKIP.
Ada empat kriteria penilaian Webometrics, yakni size yang menunjukkan halaman web, visibility, dilihat dari jumlah inlink yang menuju ke um.ac.id dan subdomain di dalamnya, rich files, jumlah file pada situs web (file dengan format doc, pdf, ppt, ps) dan scholar yang mengacu pada jumlah karya ilmiah yang dirujuk oleh karya ilmiah lain. Dari empat kriteria tersebut UM menempati posisi 161 untuk kategori scholar.
Meskipun pemeringkatan Webometrics tersebut hanya didasarkan pada penilaian situs resmi perguruan tinggi sehingga tidak mencerminkan secara langsung kualitas sebuah perguruan tinggi, namun hal ini menunjukkan seberapa eksis perguruan tinggi tersebut di level internasional.
“Ini merupakan penandaan prestise perguruan tinggi pada kerangka peningkatan PT di dalam World Class University rank. Oleh karena itu kedepannya, TIK UM akan senantiasa meningkatkan kinerjanya dalam hal pengembangan situs web UM agar semakin baik.” ujar rektor.
Num

Bagikan informasi ini:

2 Comments

  1. Die beste camgirls portale im Deutschland !!!

  2. a helpful put up thanks!