UKM Unjuk Kebolehan

Demo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mewarnai serangkaian acara PKPT Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2009. Acara yang digelar pada tanggal 12-13 Agustus 2009 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010.  Demo yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kegiatan pengembangan keterampilan di UM bagi mahasiswa baru ini, masing-masing UKM di UM diberikan kesempatan untuk melakukan atraksi yang sesuai dengan bidangnya.
Selama kurang lebih dua belas menit, masing-masing UKM diberikan kesempatan untuk unjuk kebolehan di hadapan mahasiswa baru. Berbagai cara pun dilakukan untuk menarik perhatian para mahasiswa baru. Mulai dari aksi ekstrem, dramatis, hingga gurauan-gurauan ringan disajikan dalam  atraksi tersebut.
Pada hari pertama, demo dibuka dengan aksi pemecahan botol-botol miras oleh UKM GERMAN yang juga melibatkan beberapa orang mahasiswa baru dalam aksi tersebut. Selain itu ada pula HIMAFO yang menampilkan simulasi pemotretan dengan konsep PKPT.
Demo dengan atraksi menarik lainnya ditunjukkan oleh MENWA dengan menampilkan kebolehan baris-berbaris dan mengoperasikan senapan angin. UKM KSR, dilakukan simulasi penyelamatan dan pemberian pertolongan pertama pada korban kebakaran. Tidak tanggung-tanggung, UKM ini juga menggunakan kendaraan pemadam kebakaran dan ambulans sebagai peralatan pendukung simulasi tersebut.
Aksi ekstrem dilakukan oleh UKM bela diri seperti Tae Kwon Do dengan atraksi memecahkan buah apel yang ditusukkan pada pisau. Pertunjukan yang tidak kalah menegangkan juga dilakukan oleh Merpati Putih dengan atraksi mengendarai motor tanpa melihat dan memecahkan tiga tumpuk balok es dengan tangan kosong.
Aksi teatrikal disajikan oleh UKM Penulis dalam demo UKM hari kedua. UKM yang mengusung tema ‘Tintaku Merah Putih’ ini membacakan sebuah puisi panjang di bawah kibaran bendera merah putih. Berbeda dengan UKM Penulis, drama dengan gurauan ringan ditampilkan oleh UKM Sanggar Minat. UKM ini mempertontonkan karakter-karakter unik dalam atraksinya. Penampilan unik lainnya ditunjukkan pula oleh UKM Jonggring Salaka. UKM  yang membuka atraksi dengan mengendarai jeep yang ditutup dengan ban arung jeram ini menampilkan atraksi travelling dari atas Gedung A2 dan berakhir di tengah-tengah mahasiswa baru sambil menyebarkan pamflet Jonggring Salaka.
Meskipun demo UKM dilakukan pada pagi hingga siang hari, semangat dan antusias mahasiswa baru masih terlihat hingga demo berakhir. Hal ini dibuktikan dengan meriahnya yel-yel yang dikumandangkan disela-sela atraksi UKM. Tepuk tangan yang bersahut-sahutan dan diselingi oleh tiupan peluit pun menambah semarak demo yang dilakukan di lapangan UM tersebut. “Melalui demo ini, saya sudah memperoleh gambaran tentang UKM mana yang saya minati, saya akan memilih UKM yang berhubungan dengan fotografi sesuai dengan minat saya, yaitu HIMAFO,” ujar salah satu mahasiswa baru dari Fakultas Sastra. Yas

Bagikan informasi ini:

One Comment

  1. Concerning planned to write something such as this on my own webpage and this also has given us a concept. Cheers.