Selasa, 8 Desember 2009 delapan orang mahasiswa dari Walailak University Thailand tiba di UM. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. H. Suparno di ruang sidang Rektorat Gd. A1 Lt.2.
Mahasiswa Jurusan Regional Studies yang tergabung dalam Program Student Exchange ini akan mempelajari tentang Bahasa dan Budaya Indonesia di Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Fakultas Sastra UM selama 4 bulan.
Pada kegiatan tersebut dalam sambutanya, Rektor menyampaikan agar para mahasiswa ini menganggap UM sebagai rumah sendiri, sehingga proses belajar akan lebih mudah dan nyaman.
Pada kesempatan itu pula, Rektor menjamu makan siang para mahasiswa asing ini dengan berbagai menu makanan Indonesia khususnya khas Jawa agar kedepannya mereka mampu beradaptasi dengan citarasa kuliner di Malang.
Menurut Watchareewan Samai Song, salah satu mahasiwa Program Student Exchange  yang sebelumnya telah terlebih dahulu belajar di UM selama 3 bulan, kota Malang sangat menyenangkan. Mahasiswa yang akrab disapa Maan ini juga telah mengunjungi beberapa tempat wisata antara lain Bromo, Air Terjun Coban Rondo, Kebun Apel, dan tempat-tempet bersejarah lain untuk lebih mengenal budayanya.
Hingga saat ini jumlah total mahasiswa asal Thailand yang ad di UM ada 11 (sebelas) orang, 3 orang sebelumnya telah terlebih dahulu datang sejak tiga bulan yang lalu, dan sekarang baru tiba delapan orang lagi. ?Num