Semtek : Mobile Learning sebagai Media Pembelajaran

Atraktif: Dialog antara pemateri semnas dengan peserta

Teknologi merupakan kebutuhan yang dapat digolongkan sebagai kebutuhan primer bagi peradaban manusia. Di antara teknologi-teknologi yang ada saat ini, teknologi komunikasilah yang mengalami perkembangan paling pesat. Khususnya handphone atau mobile phone.

Tidak hanya sebagai sarana komunikasi dalam lingkup kecil, mobile phone juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran. Dengan alasan itulah, Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) mengadakan seminar teknologi dengan tema “Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menembus Ruang dan Waktu”.
Seminar regional yang diadakan di gedung Sasana Krida UM pada 13 Mei 2010 ini diikuti oleh sedikitnya 137 undangan dan peserta  yang terdiri dari kalangan mahasiswa, guru, dosen, dan umum. Acara dibuka langsung oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs. Setiadi C.P., M.Pd, M.T. dan Ketua Jurusan Elektro, Drs. Slamet Wibawanto M.T.
Seminar teknologi ini mendatangkan empat pemateri, yaitu Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. yang merupakan Dosen Teknik Elektro FT UM, Praktisi Telekomunikasi dari PT. Telkom, Henky Indreswara, Praktisi Industri dari PT. Edu,  Rudy Kurniawan, dan Praktisi Mobile Learning, Uwes A. Chaeruman.
Dalam menyajikan materi, Bapak Henky Indreswara lebih banyak menjelaskan tentang jaringan dan teknologi selular yang ada. Beliau menyatakan bahwa mobile learning sarat dengan berbagai manfaat, di antaranya perbaikan standar pendidikan, perbaikan prosedur pengajaran, peningkatan kompetensi, dan kemudahan proses monitoring. Lain halnya dengann Bapak Henky, Pak Syaad sebagai pengembang pendidikan lebih memfokuskan materinya pada penerapan mobile lerning untuk pembelajaran. Dosen TE ini berpendapat bahwa dibutuhkan akses, konten, SDM, dan tata kelola yang baik untuk mewujudkan mobile learning yang efisien dan berdaya guna.
Hampir sama dengan pemateri sebelumnya, Bapak Uwes Cheruman juga menyarankan penggunaan mobile learning sebagai sarana pembelajaran. Menurut beliau, perkembangan teknologi yang kian pesat di masa kini juga harus diimbangi dengan pembelajaran yang berbasis teknologi. Apalagi peserta didik rata-rata adalah digital natives, maka dalam proses pembelajaran sudah seharusnya tidak menggunakan cara-cara tradisional. Mobile learning adalah pilihan yang tepat dalam melakukan proses pembelajaran. Apalagi mobile phone masa kini sudah ditunjang dengan fitur-fitur yang hampir setara dengan komputer. Namun, PNS dari Pustekkom Depdiknas ini menyayangkan maraknya penyalahgunaan terhadap teknologi komunikasi saat ini. Beliau berpesan pada peserta seminar untuk tidak terlalu larut dalam euforia teknologi. Kita sebagai pemakai dan penikmat teknologi sudah seharusnya memanfaatkan teknologi, khususnya mobile phone dengan benar dan bertanggung jawab.
“Kami berharap dengan adanya seminar ini, mobile learning mulai diperhitungkan sebagai media pembelajaran di samping e-learning,” ucap Bapak Muhammad Ashar, dosen TE FT UM yang juga merupakan Pembina HMJ Teknik Elektro.  Jeng

Bagikan informasi ini:

4 Comments

  1. aspiration Alyse Fifine insulate nicki divers anaya Nir chucho

  2. Bester Deutscher Portal mit Kameras, wo Sie die Liebe Ihres Lebens kennen lernen können!

  3. Die beste camgirls portale im Deutschland !!!

  4. Your place is valueble for me. Thanks!…