Bahagia: Rektor UM saat melakukan serah terima gedung P3G IPS

Aset merupakan komponen vital dalam menunjang setiap aktivitas sebuah institusi. Pengelolaan aset yang terorganisasi dapat menunjang posisi strategis visi dan misi sebuah institusi, termasuk UM . Salah satunya adalah program pengembalian aset yang digunakan oleh pihak ketiga.

Dengan mengedepankan aspek transparansi dan akuntabilitas, UM  telah memerhatikan hasil pemeriksaan BPK-RI atas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan TA 2006 dan TA 2007  dan surat Sekretaris Jenderal Depdiknas Nomor 58139/A.A1/LL08 tanggal 22 Oktober 2008 tentang temuan Hasil Pemeriksaan BPK-RI Semester II Tahun 2007 atas Manajemen Aset UM sebagai Perguruan Tinggi Pengelola Badan Layanan Umum (BLU).
Dalam rentang tahun 2010, UM telah merencakan pengembalian aset kampus yang berupa gedung. Pada Jumat, 9 April 2010, bertempat di Aula Utama A2 UM, dilaksakanakan penyerahan aset kepada UM yaitu lahan dan gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (P4TK PKn dan IPS). Dahulu, gedung yang berlokasi di Jalan Veteran Malang ini,  dikenal dengan nama P3G IPS. Gedung ini merupakan gedung perkantoran dan gedung pendidikan. Selain itu, di area gedung P4TK PKn dan IPS  terdapat instalasi PLTD, instalasi pengolahan sampah organik, dan prasarana lainnya, sedangkan dalam Gedung P4TK sendiri terdapat ruang belajar, laboratorium geografi, laboratorium  Ekonomi, laboratorium Sejarah, laboratorium PPKn, ruang program penataran, ruang serba guna, ruang microteaching, ruang perpustakaan, ruang makan, dan asrama.
Ke depannya, Aktifitas akademik P4TK PKn dan IPS yang menempati lahan dan gedung  sejak tahun 1985 akan dipindahkan ke kampus baru yang berlokasi di Kecamatan Karang Ploso Kabupaten Malang.  Gedung yang diserahkan akan dijadikan sebagai aset akomodasi program-program kegiatan UM dan publik. Aset ini dapat merealiasikan berbagai kegiatan. Perlu diketahui bahwa kehadiran gedung P4TK PKn dan IPS sebagai aset akomodasi UM seolah telah menyatu dengan keberadaan Graha Serba Guna di Jalan Gombong. Graha Serba Guna  diprioritaskan selesai akhir tahun ini mengingat dalam Graha ini akan sering dilaksanakan event-event penting berskala nasional dan internasional. Di Graha itu pula acara wisuda pada tahun-tahun mendatang akan digelar. Sehingga seluruh wisudawan berserta keluarganya dapat ditampung di Gedung P4TK itu pada saat Lustrum UM mendatang. Aset lainnya yang akan dikembalikan oleh pihak ketiga kepada UM adalah gedung Universitas Terbuka (UT) yang berlokasi di Jalan Veteran. Ang