Talkshow Hari Kartini: Ciptakan Perempuan Cerdas

Santai: pemateri saat sharing pengalaman di depan peserta

Bulan April memang selalu identik dengan hari Kartini, pahlawan wanita Indonesia yang memerjuangkan emansipasi wanita pada masa penjajahan Belanda.  Hal ini pula yang menginspirasi BDM putri Al Hikmah Universitas negeri Malang untuk mengadakan Talkshow Kemuslimahan pada 18 April 2010 dengan Tema “Kembali Suci Kartiniku, Bangkitlah Wanita Indonesia”.


Acara yang diadakan di gedung E6 lantai II ini mendatangkan pembicara yang kompeten di bidangnya, di antaranya adalah Dra. Zulia Ilmawati (psikolog dan tokoh perempuan) dari Jakarta, Dra. Dwi Listyorini, M.Si., D.Sc (dosen Biologi FMIPA UM), dan Ir. Aminatun, M. Si. (dosen Unair dan aktivis perempuan).  Acara yang dikhususkan untuk perempuan ini selain diikuti oleh mahasiswi UM, diikuti pula oleh delegasi dari Universitas Kanjuruhan dan Universitas Walisongo.
Dalam perbincangan ini, Ibu Dwi Listyorini lebih menyorot ke isu gender dan kesamaan hak antara perempuan dan laki-laki. Beliau juga memberikan contoh berupa berbagai gambar yang menunjukkan isu gender tersebut. Hampir sama dengan Ibu Dwi, Ibu Aminah terlihat lebih menekankan perubahan positif dan negatif yang terjadi pada perempuan di masa kini. Beliau menyatakan bahwa perempuan juga memiliki hak yang sama dengan kaum Adam. Ibu Zulia pun sependapat dengan hal tersebut bahwa ada banyak peran perempuan, di antaranya adalah untuk menjadi ibu yang berkualitas, pencetak generasi, pengatur rumah tangga yang sukses, dan berguna di sektor publik. Beliau juga menerangkan tentang penderitaan kaum Hawa dalam dunia kapitalistik.
Sesi tanya jawab dibuka setelah pemateri dirasa cukup memberikan penjelasan. Sebagian besar peserta menanyakan masalah konkret yang terjadi pada perempuan. Bahkan ada juga yang membagi pengalaman pribadinya dan meminta pendapat dari para pemateri. Tidak lama setelah sesi tanya jawab pertama, beberapa panitia menyuguhkan berbagai hiburan yang menarik.
Menurut Sylvia, salah satu panitia acara Talkshow Kemuslimahan, acara ini diadakan dalam rangka menyambut momen Hari Kartini yang jatuh pada  April. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mengopinikan pada kaum perempuan, khususnya para mahasiswi tentang kebangkitan wanita. Ditanya mengenai kendala, Sylvia menjawab,  “Kendala utama adalah pemindahan lokasi acara yang sedikit mepet dengan hari H. Banyak peserta yang bingung dengan hal tersebut.” Walaupun sedikit mengalami masalah teknis, acara talkshow Kemuslimahan yang diselenggarakan ini terbilang sukses.
Akhir kata, Ibu Dwi  beserta pemateri lain memberikan nasihat pada seluruh peserta talkshow untuk menjadi seorang perempuan yang cerdas. Artinya, sebagai seorang perempuan, kita harus tegas dalam memilah dan memberikan sikap yang tepat dalam menyikapi suatu keadaan. Jeng

Bagikan informasi ini:

One Comment

  1. Tantric Massage London | Shakti Massages Suite 440 405 Kings Road, London SW10 0BB 07400 741432 ?