Dengan terpilihnya pemenang ajang Lomba Perancangan Desain Brand Name Logo “UM: The Learning University” sesuai hasil rapat pimpinan pada Rabu (28/4), Universitas Negeri Malang (UM)kini semakin siap untuk menyebarluaskan identitasnya dengan visualisasi yang lebih efektif.
Brand name logo ialah logo (bukan lambang) suatu lembaga yang mengekspresikan nama lembaga yang bersangkutan. Sebagai alat pencitraan identitas kelembagaan, brand name logo sangat efektif untuk mengomunikasikan identitas lembaga karena visualisasinya yang spesifik, mewakili brand identity maupun brand personality lembaga, kaya imajinasi, efektif dalam menarik perhatian, serta meninggalkan brand awareness yang kuat dalam benak audiences. Dalam banyak kasus brand name logo yang kuat telah berhasil mengangkat kredibilitas lembaga sekaligus menjadi alat promosi yang andal.


PR IV, Drs. H. Isnandar, M.T., menyebutkan bahwa Brand name logo yang baik adalah sebuah value indicator, yaitu indikator yang menggambarkan seberapa kokoh dan solidnya value yang ditawarkan suatu lembaga kepada publik.  “Bagi UM, brand name logo UM: The Learning University”merupakan komitmen untuk menjadi yang terbaik, aset yg menambah nilai finansial, to set moral (inside or outside), mengabsahkan momentum, menciptakan, dan menguasai persepsi masyarakat luas tentang values serta kredibilitas yang ditawarkan UM.” tegasnya. Selain itu, beliau melanjutkan, keberadaan brand name logo UM yang andal akan semakin mengokohkan UM sebagai perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dengan terpilihnya desain brand name logo dan desain Stiker “UM: The Learning University” yang terbaik harapanya akan memenuhi fungsi tujuan pencitraan tersebut secara efektif.
Dari empat  kategori yang dilombakan, yang menjadi pemenang, yakni kategori lomba Brand Name Logo oleh  Constantinus Elang Perkasa, S.Sn. (praktisi desain) dari Yogjakarta. Terpilihnya karya Constantinus ini tidak lepas dari desainnya yang bercirikan skala internasional dan memiliki kecenderungan untuk menjadi desain brand name logo di masa depan.
Brand name logo “UM: The Learning University” yang dirancang untuk memenuhi konsep pembelajaran yang berkelanjutan ini berhasil divisualisasikan dengan wujud tiga garis lengkung tebal yang saling bertautan membentuk tulisan “UM”. Garis-garis lengkung tersebut diambil dari tepi lingkaran yangbertautan. Lingkaran yang bertautan melambangkan proses belajar yang terus menerus berlangsung di Universitas Negeri Malang. Pertautan antar lingkaran menyiratkan hubungan yang erat dan positif dari perjumpaan antara civitas akademika dan masyarakat. Tiga garis lengkung selain melambangkan tiga misi UM juga melambangkan tiga jalur kontribusi UM  terhadap perkembangan global, nasional, regional, dan lokal, yakni lewat pendidikan, penelitian dan penerapan Iptek kepada masyarakat.
Bentuk ujung garis lengkung yang berupa setengah lingkaran (bukan patah/tajam) memberikan kesan lembut, informal, dan nyaman. Jenis huruf yang digunakan untuk tulisan “The Learning University” menunjukan komitmen UM dalam membangun organisasi yang sehat dengan tata kelola yang kuat, transparan, dan proaktif dalam pencitraan publik yang positif. Empat warna yang digunakan yaitu biru, hijau, kuning emas, dan biru tua. Biru yang melambangkan jiwa muda yang terus belajar untuk maju. Hijau yang menggambarkan kampus sebagai wadah bagi civitas akademika untuk hidup dan tumbuh. Kuning emas untuk kejayaan dan energi. Serta biru tua melambangkan stabilitas dan kedalaman.
“Aplikasi brand name logo UM ini bisa digunakan oleh seluruh civitas akademika di UM asal sesuai dengan  buku Panduan Standar Aplikasi yang bisa diunduh di website UM. Brand name bisa diaplikasikan pada banner, buku agenda, cutting sticker, brosur, backdroup, kaos, map datar, sign system, papan nama neon box dan, spanduk.” ungkap Bapak Isnandar.
Kehadiran brand name baru UM sudah mulai disosialisasikan melalui rapat pimpinan, website, dan surat edaran ke tiap unit kerja di UM. Menurut Drs. Isnandar, M.T., sebagai upaya sosialisasi lebih lanjut akan diselenggarakan acara peluncuran brand   name dalam waktu dekat. “Untuk ke depan, harapannya brand name logo UM ini mampu menyampaikan  identitas UM: The Learning University dengan visualisasi menarik dan mudah diingat” tegasnya.Num