Ada-ada saja cara anak muda untuk menjaga kekompakan antarsesamanya.Nongkrong sambil ngopi seringkali dijadikan pilihan. Hal ini menarik perhatian pengurus BEM pusat Universitas Negeri Malang untuk memfasilitasi anak muda, khususnya mahasiswa UM dengan mengadakan tempat nongkrong asyik yaitu Cangkruk’an Campus. Berlangsung selama enam kali, yaitu 25, 29 Juni pukul 06.30 PM, kemudian tanggal 6-7, 7, 8, 10-11, 11-12 Juli pukul 09.00 PM. Tongkrongan ini menyajikan momen yang pas sebagai ajang ngumpul rame-rame.


Di sini para pemuda-pemudi dapat menyaksikan band performance, pemutaran film indie dan animasi karya anak-anak jurusan Desain Komunikasi Visual. Tersedia pula bazar dan wisata kuliner khas daerah, mulai dari soto, empek-empek, STMJ, kopi joss, dan aneka kuliner yang memanjakan lidah. Momen ini juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk menunjukkan kreativitas para pengunjung karena pengunjung dapat terlibat langsung sebagai pengisi acara untuk memberikan hiburan bagi pengunjung lainnya.
Bertepatan dengan perhelatan piala dunia 2010 di Afrika Selatan, acara nonton bareng pun menjadi pilihan yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pengunjung Cangkruk’an Campus. Terlihat sekali antusias dari banyaknya pengunjung yang hadir di Cangkruk’an Campus yang bertempat di Gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang. Iip Regianto selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa dengan diadakannya Cangkruk’an Campus ini diharapkan dapat memberikan tempat tongkrongan yang kreatif. Jadi bukan hanya sekedar nongkrong dan bengong tidak jelas. “Tempat tongkrongan ini menjamin keamanan, terhindar dari tindak kekerasan, miras, dan asusila lainnya karena kegiatan ini bekerja sama dengan pihak satpam dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak rektorat kampus,” imbuhnya.Jul