Pemanasan global atau kerap kita kenal sebagai global warming memang bukan isu belaka. Sebuah keadaan saat bumi mengalami keadaan kekeringan akibat peningkatan temperatur. Bahkan beberapa peneliti menyebutkan bahwa bumi bisa saja tenggelam akibat peningkatan permukaan air karena di belahan bumi utara, gunung es mencair.


Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Konsep Pembangunan Berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 2005. Di dalamnya terkandung dua gagasan penting. Pertama, gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup. Kedua, gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan.
Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) merupakan kesatuan mahasiswa satu visi dalam lingkungan yang memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam mencari solusi permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat,  Ikahimbi mengakomodasi solusi tersebut dalam satu event “Hijaukan Bumi untuk Anak Cucu Kita”. Sebuah rangkaian kegiatan yang mengarah pada solusi permasalahan global warming berupa penghijauan, sterilisasi daerah pesisir, pembagian pohon pada beberapa elemen masyarakat, dan penanaman jiwa cinta lingkungan sejak dini pada pelajar.
Pada 12 Juni 2010, Ikahimbi wilayah Malang yang terdiri dari mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang dan beberapa perguruan tinggi lain di Kota Malang merealisasikan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan membagikan dua ratus bibit pohon kepada masyarakat  Malang bertempat di simpang jalan depan Stasiun Kota Baru. Ikahimbi yang pada saat ini diketuai oleh Sekretaris Jenderal Machfud Efendi yang merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang mengajak masyarakat untuk menanam pohon di lingkungan mereka dan menjaga apa yang sudah ada demi kehidupan yang lebih baik demi anak cucu kita nanti. Acara ini sekaligus untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada  5 Juni 2010. Pada acara itu, hadir pula Juan Revi, salah satu pemain Arema yang turun langsung ke jalan untuk membagikan bibit pohon.
Ikahimbi menjadi organisasi Biologi di Indonesia yang berperan dalam menghimbau masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap permasalahan lingkungan sebagai langkah nyata adanya kepedulian mahasiswa terhadap Lingkungan. Hal ini dianggap penting karena mampu meningkatkan tanggung jawab mahasiswa Biologi Indonesia dalam mengaplikasikan ilmunya.Jul