Menjadi Kreatif dengan OMG

Judul        : Oh My Goodness
Penulis         : Yoris Sebastian
Tahun         : 2010
Jumlah halaman     : 201
Penerbit         : Gramedia
Peresensi        : Siti Hatmanti N

Dalam buku ini, Yoris Sebastian, pakar kreativitas Indonesia, membocorkan tips dan trik menjadi kreatif di segala bidang dan dalam setiap situasi. Karena ditulis berdasarkan pengalaman langsung Yoris saat mengerjakan proyek kreatif atau ketika menjadi konsultan sejumlah brand, langkah-langkah yang dipaparkan telah teruji dan dapat dipraktikkan dengan mudah. Selain teori-teori, buku ini dilengkapi kuesioner yang mengukur kadar kreativitas seseorang, soundtrack di tiap bab, dan ilustrasi menarik. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan augmented reality yang dapat menghubungkan pembaca langsung ke link facebook buku OMG. Hal ini membuatnya menjadi buku pertama yang memakai teknologi quick response code di Indonesia. Sampul bukunya pun dirancang unik dengan konsep bisa diwarnai sendiri oleh pembaca. Semua itu membuat buku ini memberikan pengalaman membaca yang kreatif dan OMG bagi pembaca untuk menjadi creative junkies yang berhasil di segala bidang.
Yoris Sebastian, penulis kreatif di balik buku ini yang membawa saya (mungkin juga Anda) untuk mengetahui lebih banyak lagi untuk menjadi seorang yang kreatif. Seperti yang Yoris katakan bahwa kreativitas bukanlah sesuatu yang serta merta diberikan Tuhan seperti IQ, tapi sebuah keterampilan yang dapat dilatih dan dimunculkan. Untuk itu, semua bisa melahirkan banyak ide-ide kreatif, dari anak kecil hingga orang dewasa. Bukan hanya tim kreatif disebuah perusahaan, tapi office boy-nya.
Menariknya, buku ini mengajak kita berpikir untuk menjadi kreatif dengan tips-tips mudah dan menarik sehingga kegiatan analisis seperti kuis-kuis yang biasa kita ikuti di berbagai majalah. Tidak hanya itu, buku ini memberi contoh-contoh keseharian kita plus pengalaman pribadi Yoris yang banyak berkunjung ke berbagai negara dan memenangkan banyak penghargaan karena kreativitasnya.
Yang paling lucu adalah ketika Yoris menulis bahwa membeli kasur yang paling bagus adalah hal yang harus dilakukan sewaktu kita punya uang karena istirahat dengan nyaman adalah langkah awal kreativitas. Dengan istirahat yang nyaman, kita akan lebih segar sehingga kreativitas lebih mudah muncul.
Sayangnya, Gramedia menerbitkan buku ini dengan kualitas kertas yang kurang baik, seperti kertas buram. Padahal, harga buku ini masuk kategori mahal untuk ukuran buku yang tidak terlalu tebal.
Satu lagi, buku ini ditulis sengaja tidak bernomor halaman dengan alasan kreativitas juga. Namun, menurut penulis, nomor halaman sangat penting untuk mengetahui ketebalan buku dan memermudah pembacanya.

Peresensi adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2008 sekaligus juara II Kompetisi Penulisan Rubrik Majalah Komunikasi 2010 kategori pustaka.

Bagikan informasi ini:

3 Comments

  1. ok

  2. Excellent share it is surely. My mother has been waiting for this info.

  3. This is my Excerpt