Jumat (26/11), PABTI Pendidikan Aplikasi Bisnis dan Teknologi Informasi  (PABTI)mengadakan Seminar AMD Edutaiment dengan tema “Be Creative Using Technology” di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
Seminar yang dihadiri oleh sedikitnya 250 peserta ini merupakan hasil kerja sama antara PABTI dengan pihak AMD, agen dari beberapa produk Elektrikal dan Piping System.
Diantara materi seminar, terdapat kiat-kiat dalam berwirausaha melalui dunia maya yang disampaikan oleh Danton Prabawanto. Owner jagoanhosting.com ini menyatakan bahwa bisnis dunia maya sangat tergantung pada domain dan hosting-nya. Suatu  website terdiri dari domain dan hosting. Domain merupakan nama unik/alamat untuk website. Domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Semakin unik dan mudah diingat nama domain atau alamat website, maka semakin mudah pula masyarakat dapat mengakses website itu. Sedangkan hosting menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan untuk menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, e-mail, atau DNS.
Dalam membangun bisnis di dunia maya, sebaiknya domain sesuai dengan bidang usaha dan akan lebih baik jika domain tersebut dilengkapi dengan full domain manager atau domain berbayar, karena domain berbayar juga dilengkapi dengan sekuriti yang mumpuni. Dalam membangun bisnis di dunia maya akan lebih baik bila seller atau penyedia jasa memiliki website dengan kemunculan yang cepat dan isi sesuai dengan tema usaha kita. Sebagai tambahan, apabila konsumen tertarik dengan usaha itu, maka lakukanlah komunikasi yang efektif dan tepat sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Website wirausaha tersebut paling tidak harus kita buka paling tidak 1 x 24 jam, karena semakin cepat memberi tanggapan pada konsumen, maka semakin puas konsumen tersebut dalam membeli atau menggunakan jasa tersebut. Bapak Danton sesekali menunjukkan video yang memermudah peserta memahami materi.
Selanjutnya seminar dilanjutkan oleh Bapak Gatot yang merupakan perwakilan dari AMD. Pada kesempatan kali itu, beliau menguji dua buah processor yang salah satunya adalah AMD untuk mengakses blender pada dua komputer yang berbeda. Blender adalah perangkat lunak untuk grafis tiga dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi tiga dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Hasilnya, prosessor AMD dapat membuka animasi blender lebih cepat daripada processor tandingannya.
Hadir pula Bapak Adhicipta R. Wirawan yang merupakan CO Founder Forum Blender Indonesia. Beliau menampilkan animasi komedi yang membuat peserta terpingkal-pingkal. Animasi-animasi yang telah dihasilkan oleh studio animasi Blender di antaranya ossi elpiji, blank on, dan hebring. Sampai saat ini studio animasi Blender telah mendapatkan penghargaan karya adicipta terbaik dari Depkominfo.
“Acara hari ini berlangsung sesuai dengan harapan. Ke depannya kami berharap PABTI dapat mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu mahasiswa sendiri, ” ujar Ibu Mujiati, panitia Seminar AMD Edutaiment.Jeng