Untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan menulis dalam bidang jurnalistik, kru Majalah Komunikasi mengikuti Workshop Jurnalistik Tingkat Menengah pada Senin (22/11) di ruang rapat kemahasiswaan A3 lantai III Universitas Negeri Malang (UM). Materi dibagi menjadi tiga topik utama, pertama, pengembangan berita, menggali data, informasi dan narasumber; kedua, teknik wawancara dan teknik penulisan berita indepth; ketiga, praktik penulisan berita dan pembahasannya.
Ketiga materi tersebut dibimbing langsung oleh Wakil Kepala Biro Kompas Jatim, Bapak Anwar Hudijono. Hal yang pertama kali disampaikan beliau adalah mengenai fungsi 5W IH sebagai dasar atau acuan kerja seorang wartawan. Pak Anwar yang merupakan alumni PLS eks IKIP dan juga pernah menjadi pemateri pada acara Pelatihan Penulisan Majalah Kampus bulan Agustus lalu ini memberikan semua materi secara detail dan mendalam.
Beliau menguraikan mengenai profesi kewartawanan yang ternyata begitu kompleks. Selain itu, beliau mengingatkan kru Komunikasi untuk memerhatikan ejaan dalam menulis dan meningkatkan kualitas tulisan dengan memerdalam unsur why dan how karena itu adalah salah satu kunci untuk menjadi wartawan profesional. “Hadirlah menjadi jurnalis yang dikenal lewat gaya tulisannya,” ucap beliau di sela-sela penyampaian materi.
Esok harinya, Selasa (23/11), kru Komunikasi mengikuti kunjungan lapangan ke kantor Kompas Jatim di Surabaya. Kru disambut oleh Bapak Anwar Hudijono di Ruang Rapat Redaksi Kompas lantai III. Beliau memerlihatkan sejarah Kompas dan sedikit seluk beluknya dalam bentuk video. Selanjutnya ada sharing dalam bentuk tanya jawab yang akrab dan santai. Kru Komunikasi banyak bertanya mengenai hal-hal teknis dalam media cetak, terutama Kompas. Sementara itu, Bapak Anwar banyak memberi saran dan masukan untuk kemajuan majalah kampus Komunikasi UM. Acara ini dimuat di Kompas pada Sabtu (27/11).Nur