IKA UM Kukuhkan Pengurus Wilayah

Minggu (13/02), Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) mengukuhkan pengurus IKA UM Wilayah Pasuruan Raya. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka langsung oleh Walikota Pasuruan dan dihadiri oleh Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Pasuruan, Drs. H. Miryat, M.Pd. dan Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno.  Dalam sambutannya, walikota menyampaikan bahwa alumni UM diharapkan ikut membangun pendidikan di Pasuruan dengan meningkatkan SDM di Pasuruan. Sementara itu, Rektor UM, dalam sambutannya menyebutkan bahwa banyak alumni UM yang menempati posisi penting dalam dunia pendidikan. “Telah tercatat beberapa rektor perguruan tinggi negeri maupun swasta adalah alumni UM. Hal ini menjadi kebanggaan bagi UM,” tegasnya. Dalam kesempatan ini, rektor mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus IKA UM wilayah Pasuruan Raya.Rektor mengharapkan para pengurus ini  dapat menunjukkan komitmen tinggi dalam ranah pendidikan.
Para pengurus IKA UM wilayah Pasuruan Raya ini dikukuhkan oleh Prof. Dr. H. M. Bambang Banu Siswoyo, M.M. selaku Ketua I IKA UM. Dalam acara penting ini, dikukuhkan sebagai Ketua IKA UM wilayah Pasuruan Raya yakni Dr. H. Moch. Nasir, M.Pd., alumnus S3 Manajemen Pendidikan UM  angkatan 2006. Berturut-turut diikuti Dr. H. Moch. Nasir, M.Pd., Drs. H. Basori Alwi, M. P.d., dan Dr. H. Sugeng Pradikto, M. Pd. sebagai Ketua I, II, dan III, serta para pengurus lain yang mengemban jabatan sebagai pengurus IKA UM wilayah Pasuruan Raya.
Tidak hanya pengukuhan saja, acara dilanjutkan dengan seminar nasional pendidikan yang mengangkat tema  Menuju Profesionalisme Guru yang Mantap“.
Sebagai pemateri didatangkan para pakar pendidikan, yakni Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan, Drs. H. Bashori Alwi, M.Pd. yang menyampaikan materi kendala sertifikasi di Dinas Pendidikan Kota Pasuruan, Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Pasuruan, Drs. H. Miryat, M.Pd. dengan materi kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan pada program sertifikasi guru dalam meningkatkan mutu guru, Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno yang menyajikan materi kinerja profesional guru bersertifikat pendidik, dan terakhir Prof. Dr. H. A. Mukhadis dengan tema formulasi kebijakan, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut sertifikasi dalam pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Saat seminar, para peserta antusias mengikuti materi yang dipaparkan oleh para pemateri. Bapak Bandi, salah satu peserta menyebutkan bahwa seminar ini dapat memperluas wawasan guru di Pasuruan. “Saya sangat senang karena bisa bertemu dengan teman-teman alumni UM. Di samping itu, kegiatan ini dapat memperluas wawasan guru di Pasuruan sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Pasuruan,” aku alumni  Sastra Inggris UM ini.
Tidak hanya di Pasuruan, 3 Februari, IKA UM mengukuhkan pengurus wilayah Bontang, Kalimantan Timur. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum IKA UM, Drs. Murdibjono, M.A. di Aula Pupuk Kaltim. Untuk mempererat tali silaturrahmi, setelah pengukuhan, dilakukan dialog dan nostalgia antaralumni di Bontang. Sementara itu,  pengurus IKA UM wilayah Lumajang juga dikukuhkan pada Sabtu, (6/2) di Pendopo Kabupaten Lumajang oleh ketua umum. Usai pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan pidato ilmiah oleh Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd., dosen KSDP FIP yang juga alumni  UM dengan tema “Profesionalisme Guru dalam Rangka Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah”. Mendampingi Ketua Umum IKA UM, hadir Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Drs. Kadim Masjkur, M.Pd. selaku penasihat dan Kabag Kemahasiswaan UM, Dra. Fatmawati selaku Sekretaris II. Acara ini berlangsung sangat hangat dan mempererat tali silaturrahmi di antara para alumni UM.Nid

Bagikan informasi ini: