Kolam Renang Pendidikan Pertamina-UM Diresmikan

Rabu (02/02),  pukul 10.00 WIB UM menyelenggarakan acara peresmian kolam renang Pendidikan Pertamina-UM yang dibangun di Graha Serbaguna atau Academic Shopping. Acara yang dibuka dengan demo penyelamatan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) ini dihadiri Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno dan Direktur Keuangan Pertamina (Persero) yang diwakili oleh Vice President Small Medium Scale Enterprise and Social Responsibility, Hari Subagya.
Dalam rangka Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), PT Pertamina (Persero) memberikan bantuan dana tunai sejumlah lima milyar rupiah untuk pembangunan Kolam Renang Pendidikan UM tahap I. Bantuan dana tersebut dimaksudkan untuk mendukung kelancaran kegiatan perkuliahan mahasiswa FIK khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya. Bapak Suparno pada sesi acara sambutan menyampaikan bahwa kolam renang bertaraf internasional tersebut dibangun dengan lebih menekankan pada aspek pendidikan. Karena itulah UM juga berupaya melakukan penguatan  jaringan dengan organisasi cabang olahraga di daerah maupun pusat,  juga dengan berbagai sekolah yang bisa memberi input  berupa atlet-atlet renang. ”Kolam renang sebagai aset UM dihajat untuk meningkatkan layanan peningkatan SDM yang berkualitas sehingga diharapkan dengan adanya kolam renang ini, UM memiliki kontribusi dalam melahirkan dan membina atlet-atlet renang yang handal,” terang Bapak Suparno.
Sementara itu, Bapak Subagya menyatakan bahwa program bantuan dana untuk pembangunan kolam renang Pendidikan ini merupakan salah satu kebijakan Pertamina di bidang pendidikan. Bantuan diberikan tidak hanya kepada UM, tapi juga kepada hampir semua perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Bantuan bisa berupa ruang lokal pendidikan, pengadaan laptop, LCD projektor, dan masih banyak yang lain. Hanya saja bantuan yang berupa pembangunan kolam renang, baru pertama ini diberikan. ”Dengan dibangunnya sarana olahraga ini, semoga bisa mendorong peningkatan prestasi di bidang renang,” ujar Bapak Subagya.
Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan peresmian kolam renang yang ditandai dengan pelepasan balon dan penandatanganan prasasti. Bapak Suparno dan Bapak Hari Subagya juga menyempatkan diri untuk meninjau fasilitas kolam renang  dengan ruang pengamatan yang membantu para pelatih untuk melihat gerakan para perenang saat berenang. Setelah  acara  ditutup dengan  pembacaan doa, acara selanjutnyan menampilkan pemakaian perdana kolam renang pendidikan oleh para mahasiswa FIK dan para atlet renang dari beberapa sekolah se-Malang Raya. Kolam renang yang dibangun di atas lahan seluas 2.460 m² ini memiliki kedalaman untuk sisi dalam setinggi 2,45 m dan untuk sisi dangkal 1,50 m. Dengan panjang kolam renang 50,3 m dan lebar 21 m, kolam ini mampu menampung air hingga 2.500 m³ dengan PH air yang harus dipertahankan sebesar 7,2-7,6. Pada tahap I,  terhitung masa pelaksaan pembangunan selama 118 hari.
Bapak Parno juga menyatakan bahwa pembangunan kolam renang pendidikan tersebut tidak hanya berhenti  sampai tahap I, tapi akan dilanjutkan dengan tahap II yang meliputi pembangunan kolam renang anak, pagar keliling, tribun, konstruksi atap, kantor pengelola, kantin, dan sarana parkir outdoor. UM telah mengajukan Program Bantuan Pembangunan Kolam Renang Pendidikan Pertamina-UM tahap II. Oleh pihak Pertamina, pengajuan tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut  di Dewan Direksi  Pertamina. Bapak Parno berharap bahwa  kolam renang pendidikan tersebut bisa digunakan untuk penyelenggaraan berbagai acara pertandingan renang, baik oleh UM maupun KONI.Num

Bagikan informasi ini:

4 Comments

  1. Awesome story once again. Thumbs up:)

  2. A rolling stone gathers no moss

  3. Platform for creating directories of annuaires-gratuit.com, your opinions please?

  4. Sweet site, super pattern , rattling clean and employ genial .