Teknik Sipil Buka Konsentrasi Keahlian Properti

Konsep pendidikan UM pelan tapi pasti kian berbenah dan mengembangkan diri. Setelah dibentuknya/dibukanya Fakultas Ilmu Sosial, kali ini giliran Fakultas Teknik, tepatnya Jurusan Teknik Sipil yang mencanangkan konsentrasi prodi baru. Prodi D3 Teknik Sipil dan Bangunan saat ini hanya berkosentrasi pada bidang pelaksana bangunan sipil. Tahun 2011 ini, Prodi D3 Teknik Sipil dan Bangunan akan membuka konsentrasi baru, yakni keahlian properti. Konsentrasi bidang Properti pada Teknik Sipil UM untuk tingkat pendidikan D3 ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Umumnya, konsentrasi bidang properti hanya terdapat pada tingkat pendidikan S2.
Sederet kegiatan diadakan sebagai upaya menyosialisasikan rencana pembukaan konsentrasi prodi D3 ini. Di antaranya adalah Seminar Strategi Membangun Bisnis Developer Property yang dilaksanakan pada 28 Mei 2011. Seminar yang bertempat di ruang AVA lantai IV gedung D9  ini memang sengaja diadakan oleh Teknik Sipil untuk memberikan sosialisasi dan gambaran bagi dosen dan mahasiswa Teknik Sipil mengenai bidang Properti. Bekerja sama dengan Property Plus, developer dan konsultan manajemen, seminar ini tidak hanya dihadiri oleh civitas Teknik Sipil saja, tetapi mahasiswa Fakultas Ekonomi. Bidang properti memang terkait dengan bidang manajemen karena selain teknologi konstruksi, keahlian manajemen juga penting dalam bisnis properti. Ir. Bambang Ifnurudin H., perwakilan dari Property Plus menjadi pembicara dalam seminar kali itu.
“Dalam membangun bisnis properti, kuncinya adalah perjanjian di awal harus benar. Negosiasi dana dan resiko juga harus diperhatikan,” terang Bapak Bambang menjawab pertanyaan mahasiswa.
Penjelasan yang merinci dan pembawaan materi yang menarik membuat para mahasiswa dan tidak terkecuali wartawan dari berbagai media ikut mengajukan pertanyaan. “Pak Bambang menjelaskan mengenai strategi bisnis mulai dari cari tanah hingga aset dengan gamblang. Ini sangat berkaitan dengan perkuliahan saya,” papar Radita, peserta dari Fakultas Ekonomi.
Pendapat Radita tersebut juga diamini oleh Drs. H. Isnandar, M.T., Pembantu Rektor IV UM. “Pembahasan Bapak Bambang ini sangat menarik. Semoga saja seminar ini dapat membangun motivasi para mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan dalam bidang ini. Bentuk kerja sama antara Teknik Sipil UM dengan Property Plus adalah pembinaan dalam bentuk aplikasi keahlian properti, baik untuk pendidik maupun mahasiswa.
Selanjutnya, pada 30 Mei 2011, bertempat di Ruang Sidang Rektorat gedung A1 lantai II UM diadakan penandatanganan kerja sama antara UM dengan Property Plus Indonesia. Pengesahan dihadiri oleh Rektor UM, Prof. Dr. Suparno, Pembantu Rektor IV, Drs. H. Isnandar, M.T., jajaran dari Jurusan Teknik Sipil, dan perwakilan dari Property Plus Indonesia, Ir. H. Bambang Ifnurudin. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa buku Strategi Membangun Bisnis Developer Property oleh Bapak Bambang kepada Bapak Suparno.
“Saya berharap dengan adanya kerja sama dan pembimbingan dari Property Plus Indonesia ini nantinya dapat menyiapkan dan menghasilkan tenaga sipil yang siap pakai,” tutup Drs. Adjib Karjanto, S.T., M.T., Ketua Jurusan Teknik Sipil UM mengakhiri pembicaraan.Jeng

Bagikan informasi ini: