Oleh Nida Anisatus Sholihah

Pembaca yang budiman, pada tahun 2011 ini Komunikasi telah menapaki usia yang cukup matang (33 tahun). Untuk itu, Komunikasi selalu berusaha memberikan sajian berita dan informasi yang bermanfaat dan berkualitas dengan selalu memberikan berita-berita baru dan menarik, baik permohonan peliputan dari unit ormawa maupun kreativitas pencarian kru dalam peliputan berita. Berita-berita yang disajikan tidak hanya kegiatan yang diadakan di dalam kampus UM, kegiatan di luar kampus pun yang berhubungan dengan UM juga dikemas dengan satu fokus tujuan yaitu mengenalkan, menginformasikan, dan menebarkan citra baik almamater UM.

Sekilas kiriman naskah dari civitas akademika UM
Pada tahun 2011 ini, para civitas akademika UM turut berpartisipasi aktif untuk mengirimkan karyanya ke Komunikasi, baik berupa opini, wisata, cerpen, maupun puisi. Redaksi sangat mengapresiasi kiriman tersebut karena eksistensi Komunikasi juga dipengaruhi oleh sumbangsih tulisan atau naskah dari para pembacanya. Untuk itu, lewat Salam Redaksi ini, kami mengundang kepada seluruh civitas akademika UM selalu menyumbangkan tulisannya dalam rangka meramaikan dunia kepenulisan di UM.

Kegiatan-kegiatan jurnalstik
Untuk membuka bulan di awal tahun 2011 lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 22 Januari 2011, Redaksi mengadakan pelatihan fotografi jurnalistik, layout, dan desain bagi Kru Majalah Komunikasi. Tidak hanya itu, setelah sukses menggelar kompetisi penulisan pada tahun 2010 lalu, diulang tahunnya yang ke-33 ini, Komunikasi kembali meniupkan angin segar kepada para pembacanya dengan menggelar Kompetisi Penulisan Rubrik Majalah Komunikasi 2011 bagi seluruh civitas akademika UM. Sebanyak 123 naskah bersaing di meja dewan juri untuk memperebutkan juara I, II, dan III.

Penerbitan Buku Kumpulan Cerpen
Untuk pertama kalinya, Komunikasi menerbitkan buku di penghujung tahun ini, yakni Menebus Dosa di Negeri Celaka: Kumpulan Cerpen Pilihan Majalah Komunikasi 2005-2011. Cerpen-cerpen dalam buku ini merupakan cerpen yang telah dimuat di majalah Komunikasi dari tahun 2005-2011 dan diseleksi kembali oleh dewan juri yang merupakan dosen Sastra Indonesia UM dan juga praktisi Sastra, Bapak Karkono dan cerpenis muda, Royyan Julian. Dalam kurun waktu 7 tahun, terkumpul 39 cerpen dan dari hasil seleksi dewan juri, terpilihlah 17 cerpen terbaik. Tujuan diterbitkannya buku kumpulan cerpen ini adalah untuk memperkaya dan meramaikan dunia sastra agar tidak mudah pupus, menginspirasi generasi muda dalam bidang penulisan cerpen, dan menambah ilmu atau teknik-teknik penulisan cerpen yang berkualitas karena dalam buku ini tidak hanya cerpen terbaik Komunikasi yang disajikan, tetapi juga terdapat materi tentang penulisan cerpen berkualitas. Buku ini bisa didapatkan di Kantor Redaksi Komunikasi gedung A3 lantai III UM dan juga toko-toko buku di kota Malang. Semoga penerbitan buku ini menjadi tangga awal untuk lahirnya karya-karya menarik dan berkualitas lainnya.
Setelah penerbitan buku kumpulan cerpen ini terwujud, selanjutnya digelar launching dan bedah bukunya pada tanggal 6 Desember 2011 yang dihadiri oleh 118 peserta dari seluruh fakultas di UM. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh teatrikalisasi cerpen “Negeri Celaka” oleh Komunitas Seni Ranggarwasita Malang. Haru dan asyik, dua kata inilah yang mungkin dapat mewakili kesan suasana kegiatan launching dan bedah buku tersebut. Semua rangkaian kegiatan tersebut merupakan pencapaian Komunikasi pada tahun 2011. Namun, Komunikasi masih jauh dari kata sempurna karena kru Komunikasi merupakan mahasiswa UM yang masih dalam tataran belajar dan mengumpulkan pengalaman di bidang jurnalistik. Jadi, mohon dihamparkan maaf apabila dalam mengemban tugas terdapat kesalahan dan kekhilafan. Akan tetapi, berusaha terus-menerus untuk memberikan yang terbaik kepada pembacanya merupakan target Komunikasi setiap kali penerbitan.

Sajian pada edisi penghujung tahun
Pada edisi akhir tahun ini, Komunikasi menghadirkan berita-berita menarik, di antaranya adalah fasilitas megah dan berkualitas yang dimiliki UM, yakni Graha Cakrawala, liputan tentang civitas akademika UM yang berperan dalam suksesnya Sea Games 2011, kegiatan-kegiatan ormawa UM di kampus, dan yang tidak kalah menarik juga adalah edisi ini Komunikasi menyajikan tulisan atau naskah-naskah pemenang Kompetisi Rubrik Majalah Komunikasi 2011 yakni yang terdapat pada rubrik Opini, Pustaka, dan Rancak Budaya (cerpen). Akhirnya, Redaksi mengucapkan, selamat menikmati edisi 277 ini dan selamat tahun baru 2012.
Redaktur Pelaksana Komunikasi