Jayapalmera Gaet Peserta Kalimantan

Diadakannya Jumpa Karya Palang Merah Remaja (Jaya­palmera) tahun ini sudah kali kedelapan oleh Korp Suka Rela (KSR) PMI UM. Acara empat tahunan itu diikuti oleh siswa SMA sederajat. Guna menciptakan relawan yang berkualitas, kompetisi ini sukses menarik perhatian para peserta adu karya. Hal ini terbukti dengan kian bertambahnya jumlah peserta dari tahun ke tahun. Terhitung sejak bulan Februari lalu, KSR sudah melakukan rayonisasi di beberapa daerah, antara lain Surabaya, Semarang, dan Jawa Barat. Berbeda dengan empat tahun yang lalu, kali ini peserta Jayapalmera merambah hingga ke luar Jawa.
“Tahun ini ada beberapa peserta dari Kalimantan yang berpartisipasi dalam acara kami”, terang Reni, Ketua KSR.Dari 107 peserta yang mengikuti tes tulis di masing-masing daerah, terjaring 41 tim dengan masing-masing tim beranggotakan 12 orang untuk mengikuti Jayapalmera. Bertempat di Dodik Bela Negara, Rampal, Malang, Jayapalmera diselanggarakan tanggal 5-8 Juli 2012. Acara yang memperebutkan trofi bergilir itu meliputi beberapa kompetisi, yakni Cerdas Tangkas, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Pendidikan Remaja Sebaya, Mading Tiga Dimensi, dan Kreativitas Suvenir. Beberapa sesi temu wicara juga diselenggarakan pada Jayapalmera, yakni bersama Dinas Kesehatan Kota Malang, GAKSI, dan PMI daerah Jatim.
Reni menuturkan bahwa Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan juga diadakan untuk menambah pengetahuan para peserta dan membuat Jayapalmera kali ni tidak hanya monoton mengenai kepalangmerahan.
Pada penutupan acara tersebut, SMA Talun Blitar berhasil menyabet juara umum yang sebelumnya diraih oleh SMA 3 Malang empat tahun lalu. Juara ini diambil berdasarkan jumlah poin yang mereka menangkan pada tiap kompetisi.
Dalam pelaksanaan Jayapalmera IIX itu, Ketua KSR berharap adanya lebih banyak dukungan dari kampus dan Jayapalmera se-Jawa terbuka itu sebagai langkah awal KSR untuk mewujudkan Jayapalmera tingkat Nasional.Lailil

Bagikan informasi ini: