“Mereka, kesepuluh tim yang hebat ini, adalah delegasi yang terjaring dari sekitar 150 peserta yang berasal dari berbagai penjuru daerah di tanah air,” ungkap ketua pelaksana Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKTIR) Tingkat Nasional Tahun 2012, Febby Candra Pratama (Manajemen/2011), pada sambutannya Sabtu (17/11) lalu. Acara yang dilaksanakan di bawah naungan Lembaga Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Ekonomi (LP3ME) itu dihadiri oleh jajaran pejabat tinggi Fakultas Ekonomi (FE). “Terkait dengan tema lomba pada kesempatan ini, yaitu Aktualisasi Karya Anak Bangsa sebagai Problem Solving Permasalahan Global, saya berharap seluruh finalis bisa menyampaikan ide-ide pemecahan masalah bangsa kita sehingga dapat berdampak pada kemajuan bangsa ini ke depannya,” sambut Dekan Fakultas Ekonomi, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si.
Final LKTIR dalam bentuk presentasi karya yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu diawali dengan tari Aduh Manis, sebuah tarian dari Sunda, Jawa Barat, yang ditampilkan mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) UM.
Tepat pada pukul 09.20 WIB, presentasi dimulai. Pada kesempatan kali ini, juri yang berwenang menilai peserta adalah Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., Ruly Wiliandri, S.E., M.M., dan Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., M.Ak.
Acara yang digelar di gedung D4 lantai IV FE itu merupakan suatu kemajuan bagi LSO LP3ME sehubungan dengan ruang lingkup pelaksanaan lomba. Pada tahun 2011, LKTIR ini dihelat se-Jawa Bali dan pada tahun ini meluas ke tingkat nasional. Pengumpulan karya yang dilaksanakan pada rentang 6 Juni-31 Oktober lalu, berhasil mengumpulkan 56 karya dari sekitar 155 peserta baik perorangan maupun kelompok.
Setelah melalui beberapa mekanisme penilaian, terpilihlah 10 KTIR terbaik dari berbagai daerah. Setelah melalui berbagai pertimbangan, dewan juri memutuskan juara III diperoleh SMA Budi Mulia Kota Tangerang dengan judul karya “Efektivitas Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan terhadap Semangat Kewirausahaan Mandiri Siswa”, juara II diperoleh SMAN 1 Bojonegoro dengan judul karya “Sistem Kapitalisasi Ijazah Sarjana sebagai Upaya Kaderisasi Wirausaha Muda Berbasis Teknologi”, dan juara I diperoleh SMAN 2 Tinggimoncong, Sulawesi Selatan dengan judul karya “Pengaruh Eksistensi Perkebunan The Malino Highland terhadap tingkat Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Pattapang Kecamatan Tinggimoncong”.Atif