Para peserta menunjukkan aksinya dalam pencak silat

UM ditunjuk oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) sebagai penyelenggara Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Jawa Timur 2013 Cabang Olahraga Tenis Lapangan dan Pencak Silat. Even bergengsi yang diadakan guna menyeleksi delegasi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) itu diikuti oleh beberapa perguruan tinggi se-Jatim, seperti Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Ciputra, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Narotama Surabaya, Universitas Kanjuruhan, dan Institut Teknik Surabaya.
Pertandingan yang diadakan selama tiga hari itu (02-04/09) diselenggarakan di Lapangan Tenis Cakrawala UM sejak pagi hingga sore hari. Pertandingan Tenis Lapangan, meliputi nomor Tunggal Putera dan Puteri serta nomor Ganda Putera dan Puteri. Masing-masing pemenang akan menjadi delegasi Kontingen Jawa Timur menuju POMNAS. Sebelumnya, para peserta telah terlebih dahulu mengikuti Technical Meeting di Lapangan Tenis UM pada Minggu (01/09).
Sementara itu, POMDA Cabang Olahraga Pencak Silat Jawa Timur 2013 juga digelar di UM. Cabang olahraga itu diselenggarakan di Gedung Kuliah Bersama FIP dari pagi hingga sore. Seperti halnya cabang olahraga tenis lapangan, pemenang dalam cabang olahraga pencak silat dari masing-masing kategori akan dikirim ke POMNAS pada 20 November-1 Desember 2013 di Yogyakarta mendatang.
“UM ditunjuk Bapomi untuk menyelenggarakan pertandingan ini sebagai proses penyaringan atlet yang akan berlaga di POMNAS mewakili Jawa Timur,” papar Ibu Kurniati Rahayuni, Ketua Pelaksana POMDA Cabang Olahraga Pencak Silat yang juga merupakan dosen FIK UM. Acara dibuka secara simbolis oleh Kepala Biro AKPIK UM, Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd., pada pukul 08.00 WIB. Pertandingan itu dipimpin oleh sebelas wasit juri yang memenuhi kualifikasi Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Jawa Timur, yang terdiri atas lima wasit juri kualifikasi Pengurus IPSI Kota Malang dan empat wasit juri kualifikasi Pengurus IPSI Kabupaten Malang.
Sebanyak 145 peserta yang merupakan delegasi dari 26 perguruan tinggi di Jawa Timur mengikuti even itu. Kategori Tanding Putra (laga ketentuan kelas dan berat badan) meliputi kelas A (45-50 kg), kelas B (50-55 kg), kelas C (55-60 kg), kelas D (60-65 kg), kelas E (65-70 kg), kelas F (70-75 kg), kelas G (75-80), dan kelas H (80-85 kg). Pada kategori Tanding Putri meliputi kelas A (45-50 kg), kelas B (50-55 kg), kelas C (55-60 kg), kelas D (60-65 kg), dan kelas E (65-70 kg). Sementara itu, di kategori seni meliputi Tunggal Putra dan Putri, Ganda Putra dan Putri, serta Beregu Putra dan Putri.
Dalam even itu, Universitas Negeri Surabaya berhasil meraih juara umum dengan perolehan empat emas yang disusul oleh UM dengan perolehan tiga emas. Penutupan yang dilangsungkan pada Rabu (11/09) pun berlangsung semarak dengan koor riuh para juara yang berhasil memboyong piala dan sekaligus dinobatkan menjadi delegasi Jatim untuk POMNAS.
Cabang olahraga yang diselenggarakan pada POMDA tahun ini, yakni Pencak Silat, Karate, Futsal, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Atletik, Renang, dan Catur. Sementara cabang olahraga yang diselenggarakan melalui Seleksi Daerah (Selekda) adalah Sepak Bola, Bola Voli, Bola Voli Pantai, Bola Basket, dan Panahan. Pada cabang-cabang POMDA dan Selekda ini, UM pun berhasil menunjukkan kualitasnya sekalipun tidak bermain di kandang sendiri.
Bayangkan saja, dari 78 atlet UM yang diterjunkan untuk 11 cabang olahraga, 22 atlet berhasil masuk menjadi Kontingen Jawa Timur untuk berlaga dalam POMNAS 2013. POMNAS 2013 akan menjadi saksi sejarah berlaganya para delegasi kebanggaan UM. “Semoga para atlet UM ini bisa bertanding secara optimal di POMNAS 2013 sehingga bisa mengharumkan nama UM serta Jawa Timur, yang pada akhirnya dapat berkiprah pada Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN,” pungkas Bapak Teguh Warsono, S.H., selaku Kasubag MPIKA.Fida