Dua mahasiswa tengah melihat poster lowongan pekerjaan

Ada cara tersendiri bagi UM dalam menyambut para calon sarjana baru. Kali ini UM bekerja sama dengan berbagai sponsor mengadakan Student Advisory Center (SAC) UM Job Fair 2. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Sasana Krida UM pada hari Kamis–Jumat (05-06/09). Acara yang diikuti oleh sekitar 21 perusahaan besar di Indonesia itu di­harapkan dapat bermanfaat bagi para calon pencari kerja tidak hanya lulusan UM sendiri. Menurut Ahmad Fahmi, S.T., M.T., salah satu dosen Fakultas Teknik yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia, SAC UM Job Fair 2 berbeda dengan job fair yang lain. “Karena UM terkenal sebagai pencetak para calon pendidik, maka job fair kali ini juga menyediakan berbagai penerima kerja dari pihak LBB,” imbuh Fahmi.
Tidak semua perusahaan bisa membuka stan dalam acara tersebut. Hanya peru­sahaan yang menyediakan lowongan kerja untuk lulusan dari berbagai jurusan yang dihadirkan. Perusahaan-perusahaan tersebut seperti PT Djabes Sejati, Alfamart, PNM, Best Profit Future, Danamon, PT Mandirimuliaraharja, PT Arthawena Sakti Gemilang, BTPN, Wismilak/PT Gawih Jaya, TPH/Mayora, Arta Boga Cemerlang, Alfamidi, Surya Madistrindo, Jatim Park, Pustaka Lebah, Zero To Five, PT Sadhana Arif Nusa, AXA, Telkomsel, Surabaya Autucomp Indonesia, dan PT Supra Aluminium.
“Ya perusahaan di sini keren-keren, Mbak, jadi ya puas lah. Mungkin saya akan daftar ke salah satu atau beberapa perusahaan di sini. Acara seperti ini penting untuk membantu kami mendapatkan kerja,” ungkap Ida, salah satu pengunjung kepada kru Komunikasi.
Fahmi berharap pengunjung job fair kali ini sama banyaknya dengan job fair sebelumnya. “Saya sangat mengharapkan antusiasme para pengunjung, yah targetnya sama atau bahkan lebih dari pengunjung SAC UM Job Fair sebelumnya, sekitar enam ribu oranglah,” ucap Fahmi.
Keberhasilan acara tersebut tak lepas dari peran dan dukungan berbagai pihak dan sponsor. Telkomsel sebagai sponsor utama dan mitra UM dalam acara itu juga memfasilitasi sosialisasi acara SAC UM Job Fair 2 kepada masyarakat. “Selain itu kami membuka lowongan kerja di sini. Khusus pengunjung dari UM, dengan tiket masuk dua puluh ribu, pengunjung juga akan mendapatkan kartu perdana Telkomsel gratis,” ungkap Gatot, General Manager Youth and Community Telkomsel untuk Jawa Bali.Iin