Di era globalisasi yang semakin berkembang seperti saat ini, kebutuhan manusia semakin kompleks. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup yang semakin modern. Di sinilah seseorang akan dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbagai usaha, salah satunya adalah dengan wirausaha. Begitu pun sebagian mahasiswa yang ikut terjun ke dunia usaha. Kebutuhan yang harus dipenuhi mahasiswa mendorong mereka untuk ikut mengembangkan berbagai aktivitas di dunia usaha.
Di UM terdapat sebuah wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan kemampuan di dunia usaha, yaitu Ipteks Bagi Kewirausahaan UM (IBK UM). Organisasi itu membantu dan mengarahkan mahasiswa yang ingin memasuki dunia usaha. Tidak hanya mahasiswa UM yang terlibat dalam berbagai kegiatan yang mereka adakan, tetapi banyak juga yang terlibat dari luar UM. Organisasi itu berfokus pada pengembangan kewirausahan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kegiatan kreatif dan inovatif yang diadakan rutin oleh IBK UM adalah diskusi interaktif yang menghadirkan narasumber sangat berpengalaman di bidangnya. Pada Rabu (05/02) diadakan forum diskusi yang bertemakan “Jualan Desain Grafis di Internet”. Kegiatan itu dilaksanakan di kantor IBK UM tepatnya di Jalan Simpang Bogor No. 4. Pesertanya hanya dibatasi untuk 20 orang saja. Pemateri dalam diskusi tersebut adalah seorang desainer grafis yang produk pemasarannya mencakup pasar luar negeri, Moh. Ihwan Hadi. Teguh Arie Sandy selaku pengurus IBK UM mengungkapkan kendala dalam kegiatan tersebut, salah satunya kurangnya minat mahasiswa. “Maklumlah acaranya gratis, jadi dianggap sebelah mata,” paparnya dengan tawa.
Selain membantu mengembangkan minat dan pengetahuan kewirausahaan bagi mahasiswa, IBK UM juga siap membantu mengembangkan PKM. “Silakan datang ke mari jika butuh bantuan kewirausahaan dan PKM,” ajaknya. Alumnus Teknologi Pendidikan (2012) itu juga berbagi cerita mengenai pengalaman yang ia alami. ” Kita Jangan terpaku menjadi seorang guru walaupun latar belakang pendidikan kita adalah universitas pendidikan. Peluang sebagai seorang pengusaha pun ada.” Kegiatan ke depan yang akan dilaksanakan oleh IBK UM adalah pameran kewirausahaan.Rodli