Oleh Badrotun Nayiroh

Di awal tahun 2014, PSM Swara Satata Çakti (SSÇ) menoreh catatan prestasi dengan kemenangan dalam Lomba Paduan Suara Universitas Airlangga (LPSUA). Lomba diadakan pada hari Sabtu dan Minggu (01-02/02) di Aula ABC kampus B Universitas Airlangga. Pada babak penyisihan, Sabtu (01/02), PSM mengikuti dua kategori, yaitu C1 untuk Mixed dan C2 untuk Art Song. Usai melewati tahap itu, PSM dinyatakan masuk ke babak grand final.
Kalimat “Ingat Tuhan dan Ingat Hujan” menjadi semboyan yang selalu membakar semangat mereka. Pada babak grand final, PSM membawakan empat lagu, yaitu “Ah, Dolente Partita”, “Lay A Garland”, “The Knave of Heart”, dan “Impen-Impenen”. Ketika juri mengumumkan bahwa PSM meraih juara 3 pada Minggu malam, tangis bercampur tawa seakan tidak dapat dibendung lagi. PSM mendapat Gold Diploma untuk kategori C1 dan C2. Sementara itu, PSM meraih Silver Diploma di babak final dengan perolehan nilai 78,02.
“Bersyukur dan bahagia itu pasti. Proses kita terbayar, tapi ini masih langkah awal. Kita harus tetap rendah hati dan terus berlatih untuk meningkatkan prestasi,” komentar Candra, salah satu vokalis dari kelompok suara Tenor. Salam sehati, sejiwa, seroh!
Penulis adalah mahasiswa UM bergiat di PSM SSÇ.