Setelah setahun mengabdi pada wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), dilanjutkan mengikuti serangkaian kegiatan Workshop SSP dan PPL yang menjadi program PPG, kini peserta PPG Pasca SM-3T angkatan pertama memasuki tahap akhir, yaitu Ujian Tulis Nasional (UTN). Ujian itu dilaksanakan serentak secara online pada Minggu (26/01) di seluruh perguruan tinggi penyelenggara PPG SM-3T.
Ketua Pelaksana PPG Pasca SM-3T, Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., menyampaikan bahwa pelaksanaan UTN PPG Pasca SM-3T bagi peserta PPG angkatan pertama di UM itu diikuti oleh 230 peserta dari sepuluh prodi, yaitu BK, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Pendidikan Ekonomi, dan Teknik Mesin. UTN juga diikuti oleh 12 peserta dari Prodi PGSD yang mengulang UTN karena mereka dinyatakan tidak lulus pada UTN yang telah lebih dulu dilaksanakan pada Agustus 2013 lalu.
Di UM, ujian yang menjadi penentu kelulusan peserta PPG Pasca SM-3T itu diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi di Gedung D3 dan Laboratorium Komputer Fakultas Sastra di Gedung E7. Ujian yang berdurasi 90 menit tersebut dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB, sedangkan sesi kedua dimulai pukul 10.30 WIB.
Lebih lanjut Bapak Eddy menyampaikan bahwa komposisi penilaian meliputi enam aspek. Pertama,Workshop SSP (Subjek Spesifik Pedagogy) selama 6 bulan di kampus. Kedua, PPL selama 16 minggu di sekolah. Ketiga, kehidupan berasrama selama 1 tahun di asrama yang dinilai berdasarkan penilaian teman sejawat, penilaian ketua asrama, dan ekstrakurikuler. Keempat, ujian kinerja yang dinilai oleh Guru Pamong, Dosen Pembimbing, dan Guru Independen yang berasal dari MGMP. Kelima,ujian tulis LPTK bidang pedagogi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari di Aula FT dan Aula LP3. Keenam,Ujian Tulis Nasional bidang studi yang dilaksanakan secara online.
Ketentuan dari pusat menyebutkan bahwa peserta PPG wajib lulus UTN dengan skor minimal 50. Jika ada peserta yang tidak lulus UTN, maka mereka diberi kesempatan untuk mengikuti UTN ulang pada 2 Februari 2014. Direncanakan, yudisium bagi peserta PPG Pasca SM-3T dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2014. Pemulangan peserta PPG dilaksanakanpada tanggal 12 hingga 15 Februari 2014.Iqlima