Prof.Dr.H.A. Syukur Ghazali menyampaikan materi

Sabtu (20/09)  Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Jender dan Kependudukan (P3JK) mengadakan kegiatan Seminar “Edukasi Masa Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Menuju Generasi  Qurrata  A’yun Menghadapi Teknologi Komunikasi dan Informasi” serta rapat kerja pengurus jejaring Pusat Studi Wanita (PSW)/Pusat Studi Gender (PSG) se-Jawa Timur. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 tersebut dihadiri sekitar seratus peserta dari semua lapisan masyarakat. Seminar itu merupakan lanjutan dari seminar yang sebelumnya pernah digelar pada beberapa bulan lalu.
Berdasarkan penelitian dari Siti Nur Solikhah,S.Si didapatkan hasil bahwa kebanyakan anak-anak sudah mengalami menstruasi dini. Dalam penelitian tersebut diketahui hal-hal yang mempengaruhi menstruasi dini antara lain asupan gizi, tontonan, dll. Namun, setelah dianalisis lebih lanjut ternyata hal yang paling berpengaruh, yaitu tontonan. Hal itulah yang menimbulkan keprihatinan P3JK sehingga melatarbelakangi seminar edukasi itu diselenggarakan. “UM sebagai lembaga pendidikan, juga peduli terhadap kejadian-kejadian di luar kampus terutama yang menyangkut tentang generasi bangsa kita dan sebagai pengabdian P3JK kepada masyarakat,” ungkap Dr.Endang Kartini,M.S., Apt selaku anggota P3JK.
Seminar itu diawali dengan sambutan  dari Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd, ketua dari P3JK dan dibuka oleh  Dr.Ahmad Munjinasih sebagai perwakilan  Drs. Gatot Isnini, M.Si, M.Ag yang saat itu berhalangan hadir. Setelah resmi dibuka, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh beberapa pemateri yang profesional dalam bidang mereka masing-masing. Materi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak menuju generasi Qurrata A’yun secara biologis disampaikan oleh Dr. Endang Kartini, M.S., Apt, beliau menjelaskan sangat detail sekali mengenai apa yang harus dilakukan oleh orang tua untuk merawat anaknya dan mengetahui pertumbuhan fisik dari anak tersebut. Dr. Endang Kartini mengatakan bahwa sewaktu kecil anak itu perlu pertolongan dan saat dewasa seorang anak itu perlu pendampingan. Semua peran itu tidak dapat terpenuhi untuk orang tua yang sibuk, padahal sangatlah diperlukan. Oleh karena itu,seharusnya pendidikan seks itu harus diberikan sejak dini dan dimulai dari keluarga. Di samping harus mengetahui perkembangan anak secara biologis, orang tua harus mengetahui hal tersebut dari sisi psikologis. Penjelasan mengenai psikologis anak dalam seminar tersebut disampaikan oleh Dr. Fattah Hanurawan, M.Pd.  Ia menjelaskan bagaimana strategi parenting terkait perkembangan psikologis anak di era teknologi komunikasi dan informasi saat ini, bahwa perkembangan psikologis harus meliputi aspek perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam strategi parenting perlu diketahui bahwa praktik pengasuhan anak memiliki tujuan untuk mengembangkan kesehatan anak dan keamanan anak, serta menyiapkan anak untuk mampu hidup sebagai orang dewasa yang produktif dan mentransformasikan nilai-nilai budaya. Hubungan orang tua dan anak yang berkualitas tinggi sangat penting untuk perkembangan sehat seorang anak. Oleh karena itu, pemateri menyampaikan bahwa pengasuhan anak terkait perkembangan psikologis anak dapat diarahkan pada aspek perkembangan fisik, emosi, sosial, dan intelektual. Acara tersebut semakin hidup saat Munjinasih selaku moderator membuka sesi pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan oleh kedua pemateri tadi. Antusiasme para peserta terhadap acara itu sangatlah bagus hingga banyak peserta yang berebut untuk dipersilahkan bertanya, namun hanya tujuh pertanyaan yang diperbolehkan oleh moderator dan untuk yang masih ingin bertanya dapat bertemu pemateri di luar acara seminar. Setelah materi pertama dan kedua disampaikan, maka materi mengenai peranan hukum terhadap perlindungan anak disampaikan oleh oleh Sri Wahyuningsih,S.H., M.Pd  dan materi yang terakhir disampaikan oleh Prof. Dr.A. Syukur Ghazali,M.Pd mengenai cara mendidik anak pada masa pertumbuhan untuk menjadi generasi Qurrata A’yun yang siap menghadapi era teknologi komunikasi dan informasi. Setelah seminar selesai, acara dilanjutkan dengan menyantap hidangan yang sudah disediakan oleh panitia dan nanti akan dilanjutkan dengan rapat kerja pengurus jejaring PSW/PSG untuk memilih ketua jejaring baru untuk kepengurusan selanjutnya.Dewi