IMG_1354

Jelang Kompetisi PKM-GT tingkat nasional pada Februari 2015 mendatang, bagian Kemahasiswaan UM menyelenggarakan kompetisi penulisan PKM-GT bagi maba pada November 2014.  Sebelum kompetisi dihelat, mahasiswa diharuskan mengikuti pelatihan penulisan PKM-GT. Lebih dari dua ratus mahasiswa baru mengikuti pelatihan yang digelar di Aula Utama Gedung A3 Lantai II (24/10). Antusias peserta sangat tinggi saat mengikuti materi oleh pengembang penalaran universitas, Drs. Solichin, ST, M.Kes dan Drs. Purbo Suwasono, M.Si.
Di awal kegiatan, Bapak Solichin menyampaikan bahwa PKM merupakan hal penting bagi universitas karena membantu memberikan poin pada peringkat akreditasi institusi.  “Alhamdulillah UM mendapat akreditasi A, dan salah satu poinnya juga dari seberapa besar jumlah mahasiswanya dalam berpartisipasi aktif dalam PKM. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan pengetahuan dalam bidang karya tulis ilmiah agar kita mampu bersaing dan memperoleh juara dalam ajang nasional,” ungkap dosen FT tersebut yang disambut tepuk tangan meriah dari peserta. IMG_1266
Sementara itu, dalam kegiatan yang berlangsung selama dua jam, Bapak Purbo Suwasono memberikan materi tentang perbedaan antara PKM-AI dan PKM-GT, mulai dari persyaratan administrasi, contoh-contoh PKM yang didanai Dikti, struktur pembuatan proposal, dan bahkan cara menggali ide kreatif.
Dari pelatihan ini, mahasiswa dapat menelurkan ide-ide kreatif yang dikumpulkan menjadi PKM-GT. Sejumlah 79 kelompok yang terdiri dari delapan fakultas ikut berpartisipasi aktif dalam kompetisi ini.
Setelah seleksi penilaian naskah, ditentukan tiga naskah terbaik dari masing-masing fakultas. Tahap selanjutnya, mahasiswa diwajibkan mempresentasikan naskahnya di depan dewan juri.
Dari presentasi inilah, terakumulasi nilai dengan peraih nilai tertinggi tiga besar tingkat universitas pada kompetisi ini adalah Yoga Aris Setyo Aji (FS/DKV), dkk, Pungky Hertanto (FS/IND), dkk, dan juara ketiga diraih Mamlukatul M. (FIK/IKM), dkk.Nida