Berani tampil beda  dengan menggelar kegiatan mulia. Pada Senin–Sabtu (06-11/04) Kreativitas Islam MIPA (Karisma) dari Sub Divisi Kerohanian BEM FMIPA UM menyelenggarakan kegiatan Halal Food Festival yang bertema “Halal Makananku, Barokah Hidupku” dan juga dialog interaktif. Bertempat di sepanjang Jalan Gedung O3 (GKB), sedangkan dialog interaktif berada di Aula FMIPA UM. Menggapai dan mewujudkan kehidupan yang barokah dengan makanan halal adalah salah satu tujuan dari kegiatan tersebut. Selain itu, mahasiswa serta masyarakat umum diharapkan mampu memahami tentang pentingnya makanan yang halal dan baik. Acara serupa pernah dilakukan, tapi tahun ini dibuat lebih bervariasi dengan tambahan adanya festival makanan. Respon sangat baik terlihat dari antusiasme pendatang di festival makanan yang rata – rata adalah mahasiswa.
Acara yang dilaksanakan selama enam hari tersebut terbagi menjadi dua acara. Acara pertama dilakukan pada lima hari pertama, yaitu festival makanan dengan adanya bazaar makanan. Terdapat lima stand makanan maupun minuman seperti chocolate, takoyaki, cheese cake, pancake, kebab turki, mbok darmi. Selain itu, terdapat dua stand buku islam yang menambah daya tarik. Selain festival makanan juga ada kajian dari Senin-Kamis. Kajian pertama dengan narasumber ustadz Pasuna Wirawan dengan tema “Pengaruh Peradaban Islam Bagi Kehidupan Modern”. Kajian kedua oleh halal corner malang. Dilanjutkan kajian ketiga oleh ustadz M. Badrul Haq, yaitu seorang pengusaha muda yang mengusung tema “Menjadi Pengusaha Sukses Yang Diridhoi Allah SWT”.
“Keberhasilan dari acara ini adalah memperkenalkan produk – produk halal dan mengajak semua orang untuk mampu memahami makanan yang masuk kedalam badan kita,” ujar Rahmadiannoor selaku Ketua Umum Karisma. Puncak acara tersebut adalah saat Halal Food Dialogue yang mengangkat aktifitas festival makanan. Acara ini menggandeng pemateri berpengalaman dan handal dibidangnya seperti mendatangkan pemateri dari pakar pengembangan agroindustri aman, halal, dan berkualitas, yaitu Dr. Sucipto, STP, MP, pakar biokimia UM, yaitu Prof. Subandi, M.Si, majelis ulama Indonesia cabang Malang, yaitu Dr.KH.Noor Chozin Askandar, SH,M.HI, dan moderator Drs. Syahrizal, M.SI, yaitu ketua LPPOM.MPU tahun 2003. Kenali makanan yang kita makan dan pahami karakter makanan yang halal.Iven