Ayo Gabung! Go International melalui Publikasi Artikel Ilmiah

Oleh Lisa Rahayu Ningsih

DSC04031Mahasiswa memiliki cara masing-masing untuk mengisi waktu luangnya. Begitu juga dengan kedua mahasiswi FE UM ini. Berawal dari sekedar searching di internet, Isnawati Hidayah angkatan 2012 Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dan Lisa Rahayu Ningsih angkatan 2013 Prodi S1 Manajemen mencari info lomba-lomba nasional maupun internasional. Akhirnya mereka menemukan pengumuman mengenai ICMA 2015. Acara bergengsi ini bernama International Conference on Multidiciplinary Academic for Society Development (ICMA) 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia pada 28 April 2015. ICMA 2015 adalah konferensi internasional yang melaporkan hasil penelitian dari berbagai bidang seperti Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Ilmu Sosial, dan Ekonomi. Dalam konferensi ini, untuk penulis paper yang diterima akan diundang ke Kuala Lumpur sebagai pemakalah (Paper Presenter). Paper terpilih akan diterbitkan dalam Scientific Journal PPI-UKM (ISSN: 2356-2536) yang didukung oleh Microsoft Academic Search, Google Scholar, Journal Online, PDII-LIPI, Indeks Citation Indonesia, Peneliti ID, Academica.edu, dan Advance Indeks Sains (ASI), Jerman. ICMA diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa-Universiti kebangsaan Malaysia (PPI-UKM).
Persiapan untuk mengikuti acara tersebut sejak Desember 2014, mereka sudah mempersiapkan diri untuk mulai registrasi dan membuat paper. Konferensi ini bekerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Atas Pendidikan, Kedutaan Republik Indonesia. UKM adalah universitas riset yang dijadikan rujukan oleh pemerintah Malaysia dan berkomitmen untuk pengembangan pendidikan, penelitian teknologi, dan inovasi produk. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam kegiatan publikasi ilmiah dan konferensi. ICMA 2015 adalah salah satu program kegiatan sains untuk meningkatkan kualitas penelitian di Malaysia khususnya dan international pada umumnya.
Setelah menyusun dan pengumpulan paper, mereka mendapat pemberitahuan dari pihak panitia bahwa paper mereka lolos dan merevisi poin-poin yang sudah dianalisa oleh reviewer. Akhirnya, dengan dukungan dari pihak dosen FE dan bimbingan dari Ibu Grisvia Agustin, proses revisi berjalan dengan lancar.
Serangkaian kegiatan ICMA dilaksanakan di Berjaya Times Square, Kuala Lumpur. Setelah melakukan registrasi dilanjutkan dengan sambutan-sambutan diantaranya: Welcoming address by Chairman of ICMA 2015, Welcoming address by President of PPI UKM, Welcoming speech by Adjunct Prof. Dato’ Dr Ghazali Dato’Yusoff, Welcoming speech by UKM Delegation, Welcoming speech and opening ceremony of ICMA 2015 by Indonesian Embassy, dan dilanjutkan dengan photo sesion. Setelah photo sesion ada presentasi dari Keynote Speaker I: The Application of Appropriate Technology for Sustainable Community Development Speaker: Prof. Erry Yulian Triblas Adesta, Ph.D. selaku Deputy Dean of Postgraduate and research international Islamic University Malaysia Dan Keynote Speaker II: Creativity, Competitiveness and Economic Development Speaker: Dr. Bayu Krisnamurthi selaku lecturer faculty of Economics Intitute of Agriculture (IPB), Indonesia. Dilanjutkan dengan coffe break sekitar lima belas menit. Setelah coffe break setiap partisipan memasuki ruangan bronx sesuai dengan sesi presentasi masing-masing. Setiap bronx diisi dengan partisipan sesuai denga disiplin ilmu paper yang ditulis. Kami mulai presentasi di Session 1 C: Social Sciences and Economics di Bronx IV. Dan kami menjadi pemakalah termuda dalam sesi presentasi tersebut. Karena kegiatan ini mayoritas diikuti oleh peneliti dan dosen-dosen dari berbagai universitas.
Paper mereka yang berjudul Implementation of Capital Budgeting for MSMEs In Fixed Assets Investement Decision Through Andragogy Approachment. Mendapatkan ISSN No. 2356-2536 Volume 2. No. 5, 2015. Publish journal tidak lepas dari bimbingan para dosen ekonomi yang dengan sabar membimbing kami. Suatu kebanggan bagi mereka bisa sampai di sana dan dapat mengikuti acara tersebut menjadi pemakalah.
Sesuatu yang tidak mereka duga sebelumnya, setelah presentasi dan tanya jawab pujian datang dari para dosen yang berada dalam ruangan tersebut. Pada intinya harus selama masih muda lebih digiatkan lagi untuk menulis paper dan lebih advance ke depannya. Ucapan terima kasih pun mereka berikan kepada bapak ibu dosen yang menjadi reviewer maupun pemakalah di sana yang sudah memberikan saran pada mereka. Setelah sesi IC berakhir ada lunch break, namun sebelum itu kami diajak berfoto bersama para pemakalah yang lain sebagai kenang-kenangan. Setelah lunch break sekitar pukul 14.00 waktu Kuala Lumpur dilanjutkan kembali session 2 A, B, C sampai session 3 A, B, C. Pukul 16.30 acara ICMA berakhir dengan pembagian sertifikat dan hardcopy journal.
Perjalanan mereka belum berakhir, mereka melanjutkan petualangannya ke Singapura. Di sinilah mereka belajar banyak hal, mulai dari perbedaan bahasa komunikasi hingga budaya. Di Singapura, mereka mengunjungi Espenade, Marina Bay, Merlion Park, dan tempat-tempat lainnya. Selain untuk mencari pengalaman, mengasah kemampuan bahasa Inggris aktif menjadi salah satu modal utama untuk ikut andil dalam dunia internasional. Sebuah pengalaman yang membuka wawasan, karena mereka sepenuhnya sadar akan diperlukannya persiapan untuk menghadapi MEA 2015. “Act Locally, Think Globally”, itulah prinsip dari kedua mahasiswi asli tanah Jawa ini. Itulah perjalanan mereka,sudah saatnya mahasiswa memulai belajar menulis jurnal dan terus berkarya untuk menyumbangkan ide-ide kita. Ayo gabung! Go international melalui publikasi artikel ilmiah.

Penulis adalah mahasiswa Manajemen FE

Bagikan informasi ini: