Sambut Maba dengan Kegiatan Akademik

penyampaian materi NAPSA oleh ketua BNN kota MalangKegiatan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) tahun akademik 2015/2016 kembali digelar di Graha Cakrawala UM. Senin (10/08) Rektor UM Prof. Dr. Ah. Rofi’uddin, M.Pd membuka serangkaian kegiatan yang dihadiri 6.823 mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri atas: 911 mahasiswa baru FIP, 984 mahasiswa FS, 883 mahasiswa baru FMIPA, 1335 mahasiswa baru FE, 1288 mahasiswa baru FT, 458 mahasiswa baru FIK, 763 mahasiswa baru FIS, dan 201 mahasiswa FPPsi. Mereka merupakan yang terseleksi dari 123.504 pendaftar di UM. Bisa dikatakan jika mahasiswa yang diterima adalah 5,3 % dari seluruh total peminat. Hal ini membuktikan bahwa persaingan untuk memperebutkan bangku perkuliahan di UM sangat ketat.
Merujuk pada Surat Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan No. 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 bahwa perguruan tinggi mendapat amanat untuk menghasilkan intelektual, ilmuan, profesional yang berbudaya dan kreatif toleran, demokratis, berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa. Kegiatan PKPT di UM murni bersifat akademis dengan materi kegiatan yang menyenangkan untuk mengasah multi kecerdasan mahasiswa, yaitu kecerdasan spiritual, intelektual, emosi, dan sosial. Kegiatan ini dilaksanakan berbasis kelas dengan pemateri : Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dr. Umi Dayati, M.Pd, Tim UKM, Ketua BNN Kota Malang, Danrem 083 Baladhika Jaya Malang, Kapolresta Malang, DPM, BEM, pendamping UKM IMAKRIS, Kepala Biro AKPIK, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, DMF & BEMFA, Pustakawan, Dosen Konselor, dan Kajur/ Kaprodi masing-masing jurusan.
Salah satu materi yang diberikan adalah mengenai NAPSA oleh Bapak Henry Budiman, Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang. Materi ini dinilai perlu diberikan untuk menambah pengetahuan seputar narkotika yang saat ini sudah marak terjadi penyalahgunaannya, terutama di kalangan mahasiswa. “Kalian patut berbangga, karena UM merupakan kampus terbersih dari narkotika di Kota Malang,” pungkas Bapak Henry disambut tepuk tangan mahasiswa.
Selama lima hari, mahasiswa baru juga mendapat materi tentang tata krama kehidupan kampus, akademis, administrasi, dan lain sebagainya. Melalui kegiatan PKPT ini diharapkan mahasiswa baru akan mendapatkan pemahaman mengenai kehidupan kampus dengan baik.Maulani

Bagikan informasi ini: