Haornas XXXII

Lomba tarik tambang sebagai rangkaian acara Haornas.

Lomba tarik tambang sebagai rangkaian acara Haornas.

Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) jatuh pada 9 September. Begitu pun BEM FIK UM tak mau ketinggalan untuk memperingatinya. Tema yang diusung adalah “Giatkan Olahraga, Tingkatkan Prestasi Menuju Indonesia, Ayo Kerja”. Pada kegiatan ini turut berpartisipasi seluruh civitas akademik dari FIK, mulai dari mahasiswa hingga dosen.
Acara dimulai pukul 06.00 dengan di awali arak arakan serta sorak yel-yel. Rute yang dilalui rombongan dimulai dari Gedung FIK hingga finish di lapangan A2 sebagai tempat pusat perayaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan apel pagi diikuti dengan pelepasan balon sebagai pembukaan acara secara simbolik. Kemudian, kegiatan aerobik dimulai selama kurang lebih selama 30 menit dilanjutkan dengan lomba. Lomba yang dilaksanakan kali ini terdiri dua jenis, yaitu lomba tradisional dan modifikasi. Lomba tradisional yang dipilih adalah tarik tambang. Sementara itu, lomba modifikasi bersifat estafet dimana dalam permainan terdapat sebuah jalur persegi. Di setiap sisinya terdapat lomba yang berbeda, yaitu egrang, gerobak orang, balap karung, dan sendok kelereng.
Tahun ini peringatannya dilakukan lebih meriah dari tahun lalu karena memang acara kali ini banyak nuansanya. Jefri Asistia selaku Ketua Pelaksana menyampaikan, ”Acara peringatan kali ini berlangsung lancer, tapi ada masalah kendala waktu. Pihak universitas hanya membatasi hingga pukul 12.00”.
“Melalui kegiatan ini saya ingin menyampaikan pesan kepada mahasiswa FIK dan seluruh mahasiswa UM untuk lebih berpartisipasi dalam memajukan olahraga baik di lingkungan universitas, nasional, maupun internasional. Selain itu, saya ingin olahraga dijadikan mata kuliah wajib karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu”, tambah Jefri.
Setelah kegiatan peringatan Haornas selesai dilaksanakan, agenda berikutnya adalah Nightrun yang dilaksanakan Jumat (11/09) pukul 18.00. Rute yang dilalui berada di dalam kampus. Acara yang diikuti oleh mahasiswa FIK angkatan 2013, 2014, dan 2015 ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa.
Lanjutan kegiatan dilaksanakan pada 19/09, yaitu Seminar dan Mini Workshop Olahraga dan Kesehatan. Kegiatan ini mengangkat tema “Applied sport and health science in society”. Materi yang diberikan yaitu pertolongan pertama perawatan dan pencegahan cedera olahraga dan fisio terapi. Peserta yang hadir kurang lebih dua ratus orang dari berbagai kampus, seperti UNESA dan sekolah olahraga dari Kediri. Pemateri seminar adalah dr.Edi Mustamsir Sp.OT, dokter spesialis bedah, ortopedi, dan traumatologi RS Saiful Anwar Malang dan dr.Devilliya Agustin dari dokter olahraga Dinas Kesehatan UPT PPKO kota Malang.Rodli

Bagikan informasi ini: