Setali Tiga Uang

Dari kiri ke kanan ; Novi Fairuzatin Aushoni, Dewi Puspitasari, Prof. Katsuhiko Sasaki, Deby Yangin DrajatIbarat menyelam sambil minum air, kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dua kelompok mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, yakni Deby Yangin Drajat, Za’im Zarkasi, M. Ilman Nur Sasongko, Dewi Puspitasari, Novi Fairuzatin Aushoni, dan Suci Trisna Wati, dibawah bimbingan Ibu RR. Poppy Puspitasari, S.Pd., M.T., Ph.D., ini telah lolos PKM bidang Penelitian Eksakta didanai tahun 2015. Sebagai keberlanjutan dari kegiatan penelitian mereka, hasil penelitian yang berupa artikel ilmiah ini pada bulan Mei kemarin disubmit ke dalam International Conference on Mechanical Engineering (ICOME).
Konferensi yang diselenggarakan dua tahun sekali oleh Jurusan Teknik Mesin ITS ini bertempat di Hotel Patra Jasa Bali pada Kamis-Sabtu (03-05/09) dengan menggandeng Mechanichal Engineering NCU Taiwan dan Mechanical Engineering Universitas Udayana. Semua artikel ilmiah yang disubmit dalam ICOME tersebut akan terbit dalam salah satu di antara dua jurnal ini, yakni Applied Mechanics and Material (AMM) dan ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences (ARPN JEAS).
“Senang sekali pastinya, anggaplah ini sebagai pengganti karena PKM kami tidak lolos Pimnas”, ujar Deby salah satu ketua dalam kelompok penelitian tersebut ketika ditanya tentang perasaannya setelah mendapat kabar bahwa artikelnya lolos. Selain didanai Dikti dan dipublikasikan secara internasional, hasil penelitian mereka juga akan dipatenkan. Hal tersebut dilakukan untuk merealisasikan wacana yang dicetus oleh Prof. Dr. Ah. Rofi’udin, M.Pd., selaku Rektor UM tentang pematenan penelitian yang dilakukan oleh dosen ataupun mahasiswa agar cita-cita UM untuk menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum segera terwujud.
Kamis (03/09) agenda ICOME diawali dengan pembukaan dan dilanjut dengan seminar yang disampaikan oleh ke empat keynote speaker, di antaranya adalah Ir. Lukman Mahfoedz selaku CEO dari PT Medco Energi International Tbk, Prof. Katsuhiko Sasaki dari Hokkaido University Japan, Prof. VolodymyrYartys dari NTNU Norway, dan Prof. Jyh- Chen, Chen dari NCU Taiwan. Keesokan harinya kedua kelompok tersebut mempresentasikan artikel didepan forum sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara.Novi

Bagikan informasi ini: