Riuh ramai terdengar dari Gedung Sasana Krida (28/11). Bagaimana tidak, ratusan mahasiswa dari berbagai universitas terlihat memadati gedung itu. Ketika memasuki pelataran gedung, tampak ada foto dua pria yang wajahnya familiar. Foto itu dibarengi dengan nama dr. Ryan Thamrin, host acara televisi dr. Oz Indonesia dan dr. Rizal Al Idrus, host dari Healthy Lifestyle.
Bertemakan “Balance Lifestyle”, dr. Rizal menyampaikan materi dengan kharismanya yang tenang. Dia memaparkan mengenai komitmen untuk hidup sehat dan beberapa hal kecil yang bisa membuat umur lebih panjang. Beberapa hal kecil tersebut adalah dalam kehidupan sehari-hari, lebih baik untuk memilih naik tangga daripada eskalator, mengurangi setengah dari camilan dan daftar phonebook, melatih napas selama sepuluh detik, serta mengonsumsi buah yang berwarna merah.
Setelah jeda, ruangan diriuhkan kembali oleh suara teriakan yang menyambut dr. Ryan. Pria yang lahir pada 27 Mei 1978 ini menyajikan materi tentang kesehatan dan elastisitas kulit. Dia mengungkapkan penyebab dan cara mengatasi kulit kering. Salah satu penyebab yang terjadi di lingkungan mahasiswa adalah program diet. Banyak dari mereka yang menginginkan untuk turun beberapa kilogram dalam waktu seminggu. Namun, diet berlebihan tanpa diikuti olahraga akan menyebabkan kulit bergelambir karena elastisitas kulit hanya memperbolehkan berat badan turun maksimal dua kilogram dalam sebulan. Suasana semakin ramai ketika dr. Ryan memasuki tahap ‘Mitos’ atau ‘Fakta’. Dia menyajikan beberapa pandangan tentang kulit dan pentingnya penggunaan sunblock untuk perlindungan dari sinar ultraviolet. Namun, perlu diketahui, kalau sinar matahari juga penting bagi pembentukan vitamin D. Cukup sepuluh sampai lima belas menit di bawah sinar matahari pagi sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin D.
Kedua pria muda ini sama-sama lebih menyukai edukasi preventif. Hal ini sejalan dengan slogan kalau mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Salah satu buktinya dr. Rizal masih menyempatkan menjadi pemateri di berbagai workshop selain jadwal praktik di klinik setiap hari Selasa dan Rabu malam. Begitu juga dengan dr. Ryan yang juga menyempatkan waktu untuk menjadi pemateri di sela-sela jadwal praktiknya yang tidak menentu.
Dr. Rizal yang juga menjuarai Mister Internasional 2012 ini juga mengaku kalau ia sangat berat untuk membagi waktu. Di tengah padatnya jadwal, tapi masih ada waktu luang untuk keluarga. Untuk itu, pria yang menjuarai L-Men of The Year 2012 ini mengaku tidak pernah menerima pekerjaan di hari Minggu. ”Alasan saya menyampaikan materi “Balance Lifestyle” adalah karena banyak orang yang ingin hidup sehat, namun tidak tahu harus memulainya dari mana,” ujarnya saat diwawancari di backstage usai memberikan materi.
Hal yang serupa juga dikatakan oleh dr. Ryan, “Kita tidak boleh meremehkan segala kesempatan yang ada. Menjadi seorang dokter tidak harus selalu berada di rumah sakit ataupun di klinik. Tidak selalu harus mengobati orang. Ada dua cara sebenarnya, yaitu mengobati dan preventif. Cara preventif ini terasa kurang di masyarakat umum. Seharusnya yang disiapkan itu agar masyarakat sehat”.Maria