Everyone Can Be a Journalist

Sabtu (28/11), Sasana Krida dipadati mahasiswa dari beberapa universitas. Di tempat ini sedang berlangsung workshop kejurnalistikan, acara yang diadakan oleh Komunitas Transmania dengan mendatangkan TV Presenter Class ternama, yaitu Tifanny Raytama dan Budi Adiputro. Dua wajah yang kerap kali terlihat dalam layar TV, channel trans TV tepatnya dalam program Reportase.
Di awal pembukaan workshop, Tifanni menyatakan kalau menjadi seorang jurnalis itu merupakan passion. Semua bisa menjadi seorang jurnalis. Wanita yang lahir pada 02 November ini mengaku sebenarnya berasal dari Jurusan Hukum yang tidak ada sangkut pautnya dengan jurnalistik. “Awalnya saya merasa kecemplung. Namun, semakin lama semakin menikmati. Menemukan ini merupakan passion saya. Saya merasakan nikmatnya menjadi jurnalis. Untuk itu dengan workshop kali ini, saya ingin memberikan gambaran pada mahasiswa bahwa inilah dunia jurnalistik, membantu mereka menemukan apakah ini passion mereka atau bukan. Bisa menemukan passion mereka lebih awal itu akan lebih baik,” ujar Tifanni.
Berbeda dengan Tiffani, Budi dari Jurusan Politik ini mengaku kalau menyukai jurnalistik sejak awal. Kerap mengikuti kegiatan dan organisasi jurnalistik di kampus. Berawal dari kesukaannya itulah yang menjadi modal awal sampai saat ini.
Mereka yang sudah menjadi pembawa berita handal ini memaparkan materi tentang macam-macam pembawa berita. News reader sebutan bagi seseorang yang membawakan berita tanpa tahu proses dan esensi peliputan berita. Satu tingkatan lebih tinggi adalah news caster. Sama-sama membawakan berita di depan layar kamera, namun juga berpartisipasi langsung ke lapangan. Tingkatan paling tinggi adalah news anchor yang bukan lagi terjun ke lapangan melainkan mendatangkan narasumber ke studio dan mewawancarainya langsung di depan lensa kamera. Tifanni dan Budi juga memberikan banyak tips dan trik untuk mempercantik penyajian berita. Namun, dari semua itu, yang paling penting dan mendasar adalah mengetahui bagaimana proses dan struktur dari berita. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dilanjutkan dengan casting perekrutan dari Trans TV dari pukul 13.00-15.00.
Media merupakan suatu hal yang berperan dan berpegaruh bagi masyarakat. Jika media mengecat langit Indonesia merah maka Indonesia akan menjadi merah. Begitu pula jika memberi warna putih maka akan menjadi putih. Oleh karena itu, perlulah media untuk memberikan warna merah dan putih agar Indonesia tetap Merah Putih.Maria

Bagikan informasi ini: