P3YC : PERGERAKAN UNTUK PERUBAHAN

Sebagai wujud kepedulian terhadap generasi muda, Perusahaan Pelabuhan Indonesia III Persero kembali mengadakan Pelindo III Youth Camp. Program yang diadakan setiap dua tahun sekali ini terus dikembangkan pihak Humas dengan harapan Pelindo III dapat dikenal luas oleh para generasi muda, khususnya mahasiswa yang kelak akan menjadi mitra.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menurut keterangan Wahyu Widodo selaku pembuka kegiatan Pelindo III Youth Camp, Tahun ini Pelindo III tidak hanya mengundang perwakilan mahasiswa dari universitas di wilayah Jawa timur saja. Perusahaan yang kini sedang gencar melakukan pembangunan proyek-proyek baru ini juga mengundang perwakilan mahasiswa dari seluruh universitas terpilih yang berada dalam wilayah kerja Pelindo III, termasuk NTB dan NTT. Pemilihan universitas ini dilakukan dengan mempertimbangkan akreditasi yang diperoleh setiap universitas.
Sebagai universitas pemeroleh akreditasi  A di Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM) tentu turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tepatnya pada 12-14 Desember 2015. UM pun mengirimkan lima delegasinya sebagai peserta Pelindo III Youth Camp. Dari kelima delegasi tersebut, tiga di antaranya merupakan perwakilan dari Majalah Komunikasi UM, satu perwakilan dari BEM universitas, dan satu perwakilan dari UKM ASC. Selain bertujuan untuk mengenalkan Pelindo III dan proyek-proyek di dalamnya pada para mahasiswa, program ini juga menjadi ajang menambah teman dari berbagai wilayah serta mengasah kreativitas, kemampuan leadership, dan manajemen tanpa mengenal SARA pada setiap mahasiswa. Hal ini ditegaskan oleh laki-laki yang berperawakan tegap dalam prosesi pembukaan bahwasanya selama kegiatan ini berlangsung seluruh mahasiswa adalah sama. Mereka semua adalah peserta Pelindo III Youth Camp 2015.
Sebagai upaya pengenalan pada para peserta, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kepelabuhanan ini tidak hanya sekedar memberikan penjelasan melalui power point saja namun mengajak peserta untuk turut terjun langsung ke proyek-proyek yang sedang digarap Pelindo III. Beberapa lokasi yang sempat dikunjungi adalah Pelabuhan Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Teluk Lamong, JIIPE, dan Terminal Peti Kemas.
Sebagai penutup dari kegiatan yang bertemakan Movement for a Better Future ini, humas mengagendakan kegiatan yang berbeda dari generasi sebelum-sebelumnya. Untuk mengimbangi besarnya proyek yang digarap, Pelindo juga meningkatkan keaktifannya dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Dalam kesempatan kali ini para peserta diajak turut serta dalam melakukan penanaman 1000 bibit mangrove secara massal. Kegiatan yang dilaksanakan di pesisir Pulau Galang ini dipimpin langsung oleh Edi Priyanto selaku Kepala Humas Pelindo III.
Tak berhenti sampai di sini, upaya tindak lanjut pun telah kembali dicanangkan pihak Humas. Pelindo III Goes to Campus. Program ini merupakan tindak lanjut dalam upaya untuk lebih mengenalkan Pelindo III pada dunia perkampusan. Dalam pelaksanaannya Pelindo III akan dibantu oleh alumni Pelindo III Youth Camp yang berperan sebagai duta Pelindo III di universitas masing-masing. ”Pelindo III Goes to Campus rencananya mau kami buat satu bulan sekali. “Nah, nanti kira-kira UM punya acara apa kami support, yang pasti kegiatannya bisa dikemas untuk acara Pelindo III Goes to Campus juga,” tutur Dila salah satu Humas. Iqlima

Bagikan informasi ini: