Penghijauan merupakan suatu hal yang paling penting saat ini di tengah krisis pemanasan global. Banyak cara yang dilakukan manusia untuk melakukan penghijauan, diantaranya membuat taman di tengah kota, penanaman 1000 pohon di suatu lahan yang disediakan pemerintah, dan berbagai cara lain yang biasanya perlu dorongan untuk melakukannya. Cara-cara penghijauan seperti ini memang sering dilakukan sebagai upaya pemerintah menyadarkan akan pentingnya penghijauan di segala bidang pada era ini.

Namun ada cara yang paling mudah yang sering kita abaikan dalam hal penghijauan. Ketika kita membeli buah-buahan tentu saja kita hanya memakan daging buahnya. Sehingga biji dan kulit buah hanya menjadi sampah yang tidak bernilai. Tapi dengan niat kita melakukan penghijauan, maka biji buah tersebut setiap kali kita makan buah dapat kita tanam apapun buahnya. Sehingga setiap buah yang kita makan akan ada cikal bakal untuk menjadi buah yang lebih banyak lagi atau bahkan tanaman baru yang dapat lebih memberi manfaat.

Sedangkan kulit buahnya bisa kita gunakan sebagai pupuk kompos untuk kesuburan tanah. Jadi kita menggunakan pupuk alami tanpa bahan kimia yang ramah lingkungan. Sehingga kita dapat memperkecil budaya pemanasan global.

Untuk media penanamannya yaitu tanah kita bisa mencaari di sepanjang jalan jenis tanah apapun bisa kita gunakan. Sedangkan untuk lahan penanamannya kita tidak perlu lahan yang luas. Kita hanya perlu wadah kecil seperti gelas atau botol plastik bekas air mineral yang sering kita konsumsi. Gelas atau botol tersebut dapat kita manfaatkan dengan cara melubangi bagian bawah atau samping sebagai tempat keluar masuknya udara dah resapan air. Sehingga tanaman dalam wadah tersebut dapat tumbuh dengan seimbang karena kelembapan udara dalam tanah terjaga. Dengan demikian penanaman setiap biji buah yang kita makan akan menghasilkan tumbuhan baru yang dapat membantu berlangsungnya penghijauan.

Jika setiap orang yang makan buah dan mereka mau menanam biji buah tersebut. Maka akan semakin banyaklah tanaman atau tumbuhan buah yang tumbuh. Bagaikan pepatah “dimakan satu tumbuh seribu”. Sehingga penghijauan di bumi ini berjalan dengan baik secara mandiri tanpa menunggu anjuran pemerintah kita sudah bergerak melakukan penghijauan

OPINI nailul