M. Faikar Mustafidz Raih Honorable Mention di Bulgaria

IMG-20160715-WA0004M. Faikar Mustafidz Al Habibi, mahasiswa Jurusan Matematika berhasil membawa nama UM ke kancah Internasional. Ia mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam Internasional Mathematics Competition (IMC) 2016 pada tanggal 25-31 Juli di Blagoevgrad, Bulgaria.
Keberhasilannya memenangkan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi  (ONMIPA-PT) bidang Matematika merupakan buah dari kecintaanya dengan Matematika. Kemenangannya pada olimpiade yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti, menjadi kunci gerbang menuju seleksi kompetisi tingkat Internasional.
Bukan perkara mudah untuk sampai pada tingkat Internasional. Laki-laki kelahiran 2 Februari 1995 tersebut harus melalui proses seleksi yang panjang. Tahap pertama, seleksi dilakukan di tingkat universitas dengan diambil tujuh mahasiswa terpilih. Kemudian, tahap kedua merupakan seleksi di tingkat wilayah Kopertis VII Jawa Timur. Pada tingkat Kopertis, Faikar harus bersaing dengan 166 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur dan hanya empat orang yang lolos ke tahap selanjutnya. Mereka berasal dari Universitas Surabaya, dua mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Negeri Malang yang diwakili oleh Faikar. Selanjutnya, tahap ketiga (Tingkat Nasional) ia harus bersaing dengan 64 mahasiswa dari 14 Kopertis se-Indonesia. Tahap ketiga dilaksanakan pada (23-27/05) di Hotel Kartika Candra, Jakarta.
Sebanyak 64 mahasiswa nantinya akan merebutkan beberapa medali emas, perak, perunggu, dan lima honorable mention. Faikar yang merupakan delegasi dari Kopertis VII berhasil menyabet salah satu medali perunggu.
Perjuangan untuk menuju IMC tak berhenti sampai di situ, 15 mahasiswa yang berhasil memenangkan medali dan lima honorable mention bersama dengan juara 1 OSN Pertamina dan juara 1 ONMIPA-PT tahun lalu harus menjalani seleksi selanjutnya untuk menentukan sembilan orang yang akan mewakili Indonesia berkompetisi di IMC.
Selain Faikar, ada delapan mahasiswa lain yang juga mewakili Indonesia ke IMC, diantaranya Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandungn (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Sanata Dharma.
Faikar mengaku menyukai matematika sejak SD. “Saya suka matematika sejak SD. Karena saya lebih suka bernalar daripada menghafal,“ ungkap mahasiswa asal Sidoarjo itu. Sebelum berangkat ke Bulgaria, disamping ia belajar sendiri, ia juga menjalani dua kali pembinaan oleh Kemerinstek Dikti, yakni pada 20-26 Juni dan 21-24 Juli.
Usai seminggu di Bulgaria, perwakilan Indonesia harus puas mengantongi empat medali perunggu dan lima honorable mention. Faikar mengatakan dirinya tetap bersyukur, “Saya tetap bersyukur, walaupun bukan medali setidaknya tetap dapat penghargaan honorable mention. Nggak cuma dapat sertifikat, “ tuturnya.Shintiya

Bagikan informasi ini: