Oleh Eka Imbia Agus Diartika

Awal semester ganjil 2016/2017, Universitas Negeri Malang mengirimkan delegasinya untuk mengikuti program Permata (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara). Permata merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (DIKTI) sejak tahun 2014. INFO 1
Jumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang dinyatakan terpilih untuk mengikuti program Permata ini sebanyak lima orang yang berasal dari berbagai fakultas. Kelima mahasiswa tersebut adalah M. Miftah Farid (FIP/Teknologi Pendidikan) yang diberi tugas belajar ke Universitas Negeri Makassar (UNM), Nanda Agus Ahsani Taqwin (FMIPA/ Biologi), dan Dina Aribah (FMIPA/ Biologi) ke Universitas Sriwijaya (UNSRI) INFO 3Palembang, serta Rezky Gunawan (FIK/Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) dan Eka Imbia Agus Diartika (FMIPA/Pendidikan Biologi) yang ditugaskan ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
Program Permata dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa di seluruh tanah air untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di perguruan tinggi lainnya di seluruh wilayah nusantara. Dalam kegiatan akademik, bentuk pemerolehan angka kredit dan pengalihan kredit dan kegiatan non-akademik berupa kegiatan ekstrakurikuler, termasuk kegitan pemahaman lintas budaya sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
INFO 2Sebelum keberangkatan, kelima mahasiswa terpilih tersebut telah mendapatkan berbagai arahan dari pihak Kemahasiswaan, BAKPIK, maupun dari Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., Wakil Rektor 1 UM. “Mahasiswa yang mengikuti program Permata tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai akademik yang bagus. Lebih dari itu, mereka harus meningkatkan INFO 4kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan baru, serta mampu mempelajari budaya yang ada di universitas yang ditujunya,” ujar Prof. Dr. Hariyono. Harapannya, program Permata dapat berjalan sukses, sehingga tahun berikutnya dapat ditingkatkan baik dari segi jumlah peserta maupun jumlah universitas di Indonesia yang dituju.
Penulis adalah mahasiswa
Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang