Sumbangsih Karya Prestasi Mahasiswa

 

Sumbangsih Karya Prestasi Mahasiswapak tehuh1

Sebagai Investasi Untuk Kemajuan UM

Oleh Teguh Prasetyo Salam semangat! Kepada seluruh pembaca setia Komunikasi. Tidaklah hiperbolis apabila edisi terbitan kali ini Komunikasi hadir dengan berbagai suguhan prestasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Boleh dikatakan inilah serpihan dari sekian banyak prestasi mereka sebagai kado terbaik untuk almamaternya, yang kebetulan masih dalam suasana perayaan Dies Natalis UM  yang ke-62. Paling tidak ada beberapa momentum dalam pencapaian torehan prestasi, baik tingkat nasional maupun berbagai kerjasama internasional. Misalnya seperti hasil investigasi yang telah dicatat oleh kru Komunikasi di antaranya prestasi yang diraih oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Swara Satata ?akti sebagai Juara III dalam ITB International Choir Competition 2015. Kemudian, representasi pencapaian prestasi dengan terpilihnya perwakilan UM sebagai Duta Pemuda Jawa Timur 2015. Seakan tidak pernah lesu akan prestasi, seperti yang telah disampaikan dalam liputan kru Komunikasi, UM juga memiliki mahasiswa yang senantiasa produktif dalam dunia kesusastraan. Bahkan sudah masuk dalam salah satu publishing bonafid di negeri ini. Tidak hanya itu, bidang spiritual juga tidak ketinggalan, yaitu pencapaian  prestasi di bidang Musabaqah Menulis Ilmu Alquran (M2IQ). Tarian prestasi juga menaburkan kebanggaan serta hiburan kepada lembaga, karena berhasil menelurkan penari level internasional. Kemudian masih terasa hangat dalam memori kita mengenai ihwal prestasi yang terus disumbangkan oleh mahasiswa UM, yaitu torehan prestasi di ajang MTQMR Jatim IV 2016 dengan menjadi juara umum untuk yang kedua kalinya. Pada tahun yang sama, kafilah UM juga berhasil menyabet semua gelar kejuaraan Tilawah kategori Dewasa pada Olimpiade Pecinta Alquran (OPQ) tingkat Jawa Timur di Universitas Airlangga Surabaya.  Selain itu, terlaksananya kegiatan kerjasama pertukaran pelajar baik ke negeri Cina maupun ke Jepang serta akhir-akhir ini adanya MoU dengan Institute of Certified ManagementAccountans (ICMA) Australia, juga bisa dikatakan sebagai wujud derivative prestasi dalam kancah internasional  yang juga disuguhkan oleh civitas UM.
Sejalan dengan visi misi UM beserta seluruh visi operasional rektor tahun 2015-2019 yang menuntut seluruh sivitas memberikan kontribusi yang nyata,  sehingga UM mampu menjadi universitas kelas wahid di kancah internasional. Hal ini tentu tidak tercapai manakala tidak dimulai dengan memberikan prestasi yang nyata dalam setiap ruang amailyah pencapaiannya. Prestasi yang telah ditorehkan mahasiswa merupakan salah satu dari sekian aksi dalam memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan visi misi almamater tercinta ini. Prestasi tentu tidak selalu dicapai dalam wujud akademis, melainkan bisa juga diraih melalui prestasi non-akademis. Untuk itu akan terasa sempurna dan senada apabila keduanya senantiasa bisa bersinergi. Ibarat sebuah air  dan tanah, apabila keduanya saling melengkapi sesuai proporsi, maka akan dapat menumbuhkan benih yang kemudian tumbuh menjadi pohon yang kuat. Begitu halnya sebuah prestasi, mahasiswa merupakan aset atau benih yang memerlukan ilmu sebagai airnya lembaga sebagai media tanahnya, serta regulasi dan almamater sebagai lingkungan yang mendukung agar membuahkan prestasi yang sangat luar biasa.
Oleh karena itu, inventarisasi berbagai bentuk prestasi sekiranya memang sangatlah dibutuhkan sebagai wujud penghargaan serta akumulasi karya untuk dijadikan sebuah portofolio prestasi. Hal ini sangatlah wajar, karena kelak akan dijadikan data historis sebagai tolak ukur serta pupuk dalam menumbuhkan semangat untuk meraih berbagai prestasi gemilang di masa yang akan datang.
Pengorbanan selalu diperlukan untuk meraih kesuksesan, baik sekarang maupun di masa yang akan datang. Begitu juga dengan prestasi, butuh multi resources untuk dapat terus meraihnya. Dengan kata lain perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, pengawasan serta pengevaluasian tentunya dibutuhkan untuk mengelola dengan baik (good governance). Aset dalam wujud prestasi agar tetap bernilai serta mampu memberikan marjin dalam membangun goodwill almamater UM menuju prestasi yang menembus bursa internasional.
Akhirnya, redaksi mengucapkan selamat membaca dan selamat berjuang untuk kedepannya, dengan harapan berbagai sumbangsih kalian (mahasiswa) sebagai generasi yang penuh kreativitas, senantiasa tetap istiqomah memberikan karya-karya terbaikmu kepada universitas tercinta ini.

 

Penulis adalah Anggota Penyunting Majalah Komunikasi.
Dosen Fakultas Ekonomi  UM.

Bagikan informasi ini: