Menempuh pelatihan beserta sertifikat bertaraf internasional dalam sehari itu merupakan suatu hal yang bisa membuat mahasiswa ngiler. INFOSIS-BLU yang bekerjasama dengan Microsoft menggelar suatu program yang mewadahi calon lulusan pendidik untuk menempuh ujian sertifikasi Internasional, Rabu (29/09). Program yang dinamakan Microsoft Certified Educator (MCE) ini diadakan di Laboratorium Komputer, Gedung O3 Lantai II Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang (UM). Bagaimana tidak, pasalnya mahasiswa yang lulus ujian ini akan mendapat sertifikat dengan tanda tangan lansung oleh CEO Microsoft. Dengan ini, mereka secara lugas diakui oleh salah satu lembaga Information Technology (IT) terbesar di dunia sebagai pribadi dengan kompetensi IT.
MCE ini pertama kali diluncurkan di UM pada prodi IPA, Fakultas FMIPA, Universitas Negeri Malang (UM). Mendatangkan Alaik Idzam K., MOS., MCE., sebagai trainer dari INFOSIS-BLU. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan calon lulusan pertama sebagai pendidik dengan kompetensi IT (ICT-EFT). ICT-EFT merupakan kurikulum yang disusun oleh UNESCO bersama Microsoft. Usaha ini dianggap linier untuk menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang semakin dekat. Di era MEA, kemampuan dan kompetensi guru dibuktikan melalui sertifikat. Guru memang harus mempunyai kemampuan yang cakap, namun juga harus membuktikan bahwa mereka  pun mampu menguasai IT. Selain itu, sertifikat tersebut  bisa digunakan sebagai surat pendamping ijazah ketika mahasiswa lulus.
Syarat yang harus dipenuhi peserta untuk mengikuti MCE ini bukanlah suatu hal yang sulit. Mereka harus berstatus sebagai mahasiswa pendidikan dan menguasai IT secara umum, seperti mengoperasikan komputer. Tak dipungkiri juga, ada peserta yang belum mahir berkomputer juga ikut, karena memang tujuan dari program ini adalah memberikan pelatihan. Sebenarnya kelas ini juga dibuka untuk guru dan praktisi pendidikan. Namun, karena hari ini merupakan kelas perdana, maka peserta yang hadir hanya difokuskan pada mahasiswa prodi IPA.
Tahap-tahap yang dilalui juga bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan datang ke Gedung O1 Lantai I Ruang LS dan melakukan registrasi. Tahap selanjutnya adalah peserta mengikuti pelatihan pada tanggal yang telah dijadwalkan. Ujian dilaksanakan seusai pelatihan dengan waktu 100 menit untuk menjawab 41 soal. Peserta dikatakan lulus, jika hasil ujiannya menunjukkan nilai 70 dari angka maksimal100. Peserta yang lulus akan mendapatkan dua sertifikat. Sertifikat pertama yaitu sertifikat training dari INFOSIS dan sertifikat dari Microsoft. Sedangkan bagi peserta yang tidak lulus hanya akan mendapat satu sertifikat dari INFOSIS saja. Karena menyadari tingkat kemampuan yang berbeda pada masing-masing peserta, maka INFOSIS memungkinkan peserta untuk menunda ujian dan memberikan tenggang waktu untuk berlatih.
Karena masih dalam tahap memperkenalkan diri, MCE ini dibuka berdasarkan jumlah kuota. Jadi, jika ada permintaan peserta dengan jumlah 15-25 orang, maka kelas siap dibuka. Program ini juga merambah ke fakultas lain. Untuk kedepannya, jika  permintaan semakin meningkat maka akan dibuka kelas secara periodik pada setiap minggu dengan trainer yang berbeda di masing-masing fakultas.Maria