PROBIS UM lahirkan EO MUDA

Menjadi seorang  event organizer (EO) di usia muda? Ternyata bukan hal yang mustahil, setidaknya mahasiswa semester 3 dari program studi Public Relations dan Komunikasi Bisnis, Pendidikan Ketrampilan Otomotif Bisnis Industri dan Teknologi Informasi (Probis) Universitas Negeri Malang telah membuktikanya.
Hari Sabtu (12/11) menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi siswa maupun siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15 Malang yang beralamat di Jalan Bukit dieng T/8 Kelurahan Karang Besuki Kecamatan Sukun. Pada hari itu diadakan kampanye sosial “Gerakan Anti Pergaulan Bebas Narkoba dan HIV AIDS”. Uniknya dalam kampanye sosial yang di lakukan, panitia mendatangkan pihak yang bersangkutan seperti Badan Narkotika Nasional (BNN). Tidak seperti kampanye sosial pada umumnya, kali ini dikemas lebih menarik dan meriah.
Sekitar 150 siswa maupun siswi dari kelas 7 maupun 8 terlibat dalam acara ini. Para peserta sangat antusias mengikutinya, nampak dari raut wajah mereka yang ceriah dan sumringah. Dalam acara ini, dewan guru juga tak mau ketinggalan. Mereka juga ikut berpartisipasi dan turut andil.
Sebelum kampanye sosial dimulai, para peserta berkumpul di depan Aula SMPN 15 Malang. Siswa-siswi tersebut dikumpulkan dalam barisan sesuai dengan kelas mereka masing-masing. Dalam waktu itu juga, panitia mendata dan membagikan konsumsi berupa snack dan air mineral. Setelah itu, para peserta memasuki aula sembari bercanda gurau, kemudian dilanjutkan pembukaan acara kampanye sosial oleh Agus Wahyudi, S.pd., M.pd., Kepala SMPN 15 Malang.
“Panitia tentu sangat bersyukur dengan antusias siswa dan siswi dari SMPN 15 Malang, terutama kepada dewan guru yang selalu memantau dan memberikan masukan sebelum acara. Sungguh di luar dugaan dan ekspektasi kami dan jelas ini sangat jauh dari target awal panitia sebelumnya, terima kasih juga kepada pihak-pihak yang telah men-support sehingga acara berjalan lancar dan sukses,” imbuh Moh. Sodiq, Ketua Pelaksana, sembari tersenyum lebar.
Turut hadir juga dalam kampanye sosial Kepala Sekolah SMPN 15 Malang, para dewan guru, perwakilan BNN, tak ketinggalan  juga dosen pembimbing Prodi Public Relations dan Komunikasi Bisnis, Eflina Nurdini F.M,.S.I.Kom.
Di lain kesempatan, Moh. Sodiq juga menambahkan bahwa kampanye sosial ini berawal dari matakuliah Account Public Relations. Pada awalnya ia sangat tidak yakin acara bisa berjalan atau tidak. Karena ini kali pertama panitia ini mengadakan event. Bahkan rasa was-was selalu ada. Tapi itu semua terbantahkan sudah dengan antusias para peserta kampanye sosial dan dewan guru yang selalu membantu apa yang diperlukan panitia hingga acara berjalan sukses seperti ini. Ia juga membagikan tips atau trik menjadi seorang EO, antara lain menentukan target event, membuat tujuan event, membuat daftar perencanaan yang jelas, menyiapkan rencana B, menyiapkan rencana C, membuat anggaran dana, kerjasama dengan pihak-pihak terkait, urus perizinan, cari sponsor, jangan kenal lelah dan terapkan valuasi.Adi

Bagikan informasi ini: