Sasjer Lebarkan Sayap di Dunia Pariwisata

G una mengembangkan kapasitas mahasiswanya, Jurusan Sastra Jerman  (Sasjer) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (27/10). Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan di Aula AVA, Fakultas Sastra, UM. Penandatangan tersebut diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran, yakni Imam Pratanadi yang seharusnya dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, yang berhalangan hadir.
Tujuan kerja sama untuk mengirim mahasiswa Jurusan Sastra Jerman agar dapat magang di berbagai lembaga atau biro di Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata DIY. Kepala Jurusan Sastra Jerman, Dr. Rizman Usman, M.Pd. mengungkapkan, “Jurusan kami berusaha bukan hanya mengembangkan keterampilan, skill, tapi juga mengembangkan kapasitas,” ungkapnya. Rizman menambahkan, hal itu penting dilakukan, sebab selain lulus sebagai guru, mereka juga dapat memasuki dunia kerja di bidang lainnya. Oleh karena  itu, Sasjer berusaha membekali lulusannya untuk mengisi bidang-bidang yang sekarang terbuka dan masih berkaitan dengan bahasa yang mereka pelajari.
Usai penandatangan MoU, acara dilanjutkan dengan kuliah tamu. Mengusung tema “Peluang Bahasa Jerman di Industri Pariwisata”,  Imam Pratanadi menularkan ilmunya tentang kepariwisataan kepada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman semester 3 dan 5 yang akan mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada semester 7. Namun, tidak menutup kemungkinan semester 1 turut serta mengikuti kuliah tamu tersebut.
“Selain mendapatkan MoU-nya kita juga mendapatkan ilmunya,” ungkap Rizman Usman. Di masa yang akan datang, pariwisata juga akan menjadi sumber kesempatan kerja dan sumber pendapatan suatu negara. ”Barangkali ini bentuk  sumbangsih kami  untuk meningkatkan SDM di bidang Pariwasata,“ ujar Rizman.Shintiya

Bagikan informasi ini: