MENUJU UM YANG LEBIH SEHAT DENGAN CAR FREE DAY

Hari bebas kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan Car Free Day  (CFD) di Indonesia pertama kali diselenggarakan tahun 2000 di Surabaya, diikuti Jakarta dan kota-kota lainnya. Salah satunya Kota Malang. Kegiatan ini diselenggarakan di Malang pada tanggal 18 Desember 2011. Selain jalan-jalan dan naik sepeda juga terdapat bazar yang menyediakan berbagai macam jajanan.  Di kota Malang, CFD diadakan tiap hari Minggu di beberapa ruas jalan, mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Semua orang dari berbagai latar belakang berbaur menjadi satu dalam kegiatan ini. Kegiatan CFD saat ini berpusat di sepanjang Jalan besar Ijen dan gratis bagi masyarakat umum.  

CFD tidak hanya diselenggarakan di sepanjang Jalan Ijen tetapi juga sudah dilaksanakan di Universitas Negeri Malang (UM). Mulai tanggal 15 Mei 2015 diberlakukan surat edaran dari Rektor UM No 13.5.20/UN32.II/TU/2015 mengenai CFD di UM. Kegiatan ini merupakan upaya bagi civitas akademika UM yang memerlukan kawasan bebas asap kendaraan bermotor sehingga membuat suasana nyaman dan lebih kondusif. CFD UM ini dilaksanakan setiap hari Jum’at mulai pukul 06.00 sampai 14.30 WIB. Selama kegiatan tanpa polusi kendaraan ini berlangsung, ruas jalan di dalam Kampus ditutup untuk kendaraan bermotor kecuali sepeda pancal atau becak. Hanya ada pejalan kaki dan pesepeda yang lalu lalang di dalam kampus. Pihak Keamanan UM telah menyediakan parkir untuk kendaraan bermotor di setiap tepi kampus.

Ada beberapa kendala saat diberlakukan CFD ini, seperti kendaraan yang dibutuhkan oleh staff administrasi UM untuk menuju fakultas lainnya. Dari kendala inilah akhirnya UM memfasilitasi staf administrasi untuk mengantar surat atau lainnya dengan sepeda pancal. Sepeda pancal yang diseragamkan warnanya, yakni hijau menjadi lebih menarik karena sepeda tersebut beridentitas UM. Sepeda ini juga telah dilengkapi dengan kerangjang untuk tempat surat atau majalah yang akan diantar. Selain itu, sepeda ini sudah dibubuhi nomor yang berarti milik unit masing-masing.

Manfaat yang dirasakan oleh sivitas akademika dari program ini antara lain, meminimalisir polusi udacar free day 1ra secara tidak langsung seseorang dapat berolahraga dan  merasakan tubuh yang lebih bugar juga sehat. Memang jika tidak terbiasa dengan CFD akan merasa capek dan lelah namun bila dilakukan secara terus menerus setiap hari Jum’at maka akan terbiasa.“ Menurutku dengan adanya Car Free Day kondisi perkuliahan menjadi lebih tenang, tidak terganggu suara kendaraan yang lalu lalang. “ungkap Puspita Anggraini mahasiswi jurusan Geografi angkatan 2015. Rosa/Reporter Komunikasi

Bagikan informasi ini: