“Barangsiapa ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silahturahmi,” mungkin hadist tersebut tak asing lagi di telinga kita, tapi kita sendiri masih menerapkan dalam kehidupan sehari-hari karena kesibukan pribadi masing-masing.

Forum Komunikasi Mahasiswa (FKM) Pendidikan Ketrampilan Otomotif, Bisnis, Industri, dan Teknologi Informasi (Probis) Universitas Negeri Malang (UM) benar-benar menerapkan hadist tersebut. Ia mengemasnya dalam bentuk olahraga bersama yang diikuti mahasiswa dan mahasiswi Probis UM, Mulai badminton, basket, voli, dan futsal. Untuk kegiatan futsal sendiri dilaksanakan setiap hari Rabu malam mulai jam 19.00 WIB di Lapangan SM Zona Dwiga Jalan Sudimoro Kota Malang, sedangkan untuk badminton sendiri dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 14.00 WIB di GOR Rajabasa, Jalan Rajabasa Kota Malang (belakang Universitas Merdeka).

“Awalnya hanyalah untuk memfasilitasi mahasiswa Probis UM yang ingin berolahrag, tapi kami juga menginginkan olahraga ini mempuyai nilai lebih dan bisa dijadikan ajang silahturahmi antarmahasiswa, karena Probis sendiri memiliki lima jurusan yang berbeda menyebabkan kita terpisah. Jangankan untuk berekreasi, untuk kumpul saja sangat susah dikarenakan kesibukan masing-masing. Maka dari itulah, kami mengadakan kegiatan seperti ini supaya kekeluargaan dan silahturahmi tetap terjaga dengan hangat,” ujar Rofi Aji, selaku Ketua FKM.IMG_20170125_223550

Di kesempatan lain, Humas FKM juga menambahakan bahwa kegiatan ini tak semata-mata untuk silahturahmi saja, melainkan juga untuk mencari pemain-pemain unggulan yang tangkas dan cekatan guna mengikuti lomba atapun turnamen yang akan diikuti. “Saya pribadi sangat senang sekali, bisa mengikuti kegiatan olahraga bareng seperti ini sehingga bakat saya di bidang olahraga bisa tersalurkan dengan baik dan silahturahmi dengan teman yang berbeda jurusan tetap terjaga. Semoga kedepannya lebih banyak lagi yang mau mengikutinya, tak terkecuali dosen pengajar kami guna mempererat persaudaran antara mahasiswa dan dosen,” imbuh Moh.Abrori, salah satu mahasiswa Probis.Adi.