Isi Liburan, Workshop Elektro Adakan Pelatihan Robot Terbang

Workshop Elektro Universitas Negeri Malang (WSE UM) merespon perkembangan teknologi robot yang sangat pesat dengan mengadakan Workshop Robotika. Workshop yang diselenggarakan di Aula Gedung H5 Fakultas Teknik UM pada Selasa-Rabu, (23-24/05) ini mengusung tema “Build Your Plane to Your Future Plan” dan diikuti oleh  43 peserta dari internal maupun eksternal.
Bertindak selaku pemateri ialah CEO Motodoro UAV and Aerial Mapping, Akhsanul Hadits Baroya. Ketua Pelaksana Workshop, Muhammad Tri Wahono, menjelaskan tujuan awal wokshop ini untuk menyikapi lomba baru yang cukup bergengsi, yakni Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI). “Peserta diharapkan punya dasar mengenai KRTI, sehingga bakat dan minat mahasiswa jurusan Teknik Elektro dalam robot terbang bisa terpacu,” ujarnya.
Hari pertama, peserta diberi teori ihwal perkembangan dunia robot terbang, cara kerja mekanisnya, serta fungsi dari setiap alat dan bahan penyusun robot. Pada hari kedua, peserta membuat purwarupa (prototype) berupa pesawat dengan bahan gabus yang dilengkapi oleh mesin penggerak. Teknologi yang digunakan dalam mesin penggerak robot terbang ini berupa motor yang diberi baling-baling. “Sedangkan penariknya bernama servo, untuk menggerakkan sayap pesawat,” kata Wahono. Sumber daya pesawat tersebut dari baterai dengan pengendali remot kontrol.
Menariknya, rentang usia peserta cukup bervariasi. Enny Dewi, S.T. misalnya. “Kami ingin mengembangkan ekstrakurikuler robotika,” ujar guru yang mengajar paket keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik tersebut. Peserta lain, Elang Pangeran, mengutarakan motivasinya untuk belajar teknologi pesawat nirawak. “Sekaligus memperkaya ilmu tentang mekatronika,” tukas siswa SMKN 8 Malang ini.Arvendo

Bagikan informasi ini: