PKO CUP III Kembangkan Bakat Sejak Dini

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (HMJ PKO) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM beberapa pekan lalu mengadakan PKO CUP III, kejuaraan renang se-Malang Raya yang terbagi dalam kelompok usia I & senior -V. Acara yang diadakan selama dua hari (15-16/04) ini merupakan progam kerja tahunan yang bertujuan mengembangkan bakat renang sejak usia dini dan  pencarian bibit atlet renang se-Malang Raya.
“Sejak Februari kami sudah melakukan persiapan, seperti menghubungi PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia, red.) Malang, diteruskan ke Pengprov (Pengurus Provinsi, red.) Jawa Timur. Kami ada kerja sama dengan mereka sehingga memudahkan kami melaksanakan kejuaraan, untuk juri kita ada lima juri dari Kota Malang dan  mahasiswa FIK yang menjadi juri pertandingan.” tutur Anas, Ketua Pelaksana PKO CUP III.
Acara yang diadakan di Kolam Renang Pendidikan UM ini diikuti oleh tujuh belas perkumpulan renang se-Malang Raya yang terbagi dalam empat belas klub renang, dua universitas, dan satu dari SMA. Jumlah seluruh peserta adalah 389 atlet. Setiap peserta dapat mengikuti beberapa dari sembilan nomor perlombaan renang dan estafet. Sembilan nomor itu adalah 50m gaya punggung, 50m gaya dada, 50m gaya kupu-kupu, 50m gaya bebas, 100m gaya punggung, 100m gaya dada, 100m gaya kupu-kupu, 100m gaya bebas, dan 200m gaya ganti serta estafet.
Adapun penggolongan umur dari Kelompok Umur (KU) I & senior – V, terbagi dalam KU I & Senior dari usia 16 tahun ke atas, KU II usia 14 dan 15 tahun, KU III usia 12 dan 13 tahun, KU IV usia 10 dan 11 tahun, dan KU V usia 9 tahun ke bawah. Dalam PKO CUP III ini terdapat 84 upacara penghormatan pemenang dengan total juara 252 atlet yang terbagi dalam setiap nomor perlombaan.
“Harapan saya dengan diadakan agenda tahunan ini semoga atlet muda tidak hanya cabang olahraga renang, bisa lebih mengasah kemampuannya untuk meningkatkan prestasi dan menumbuhkan jiwa kompetitif dalam kejuaraan sejak usia dini,” ujar Fathan, Ketua HMJ PKO.Amey

Bagikan informasi ini: