Tata Hati Jelang Ramadhan, BUK Gelar Pengajian

antunan bacaan diba dan selawat nabi menggema di Aula Gedung A3 Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (23/05). Pasalnya, Biro Umum dan Keuangan (BUK) mengadakan acara Siraman Rohani menjelang bulan suci Ramadan 1438 H. Acara yang diikuti oleh  Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut diawali dengan pembacaan kalam ilahi oleh Sonny Efendi.
Pengajian dibuka oleh Kepala BUK, Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd. Dalam sambutannya, Amin mengatakan bahwa acara tersebut diselenggarakan untuk mempersiapkan ASN di lingkungan BUK dalam menghadapi Ramadan. “Telah banyak pelatihan fisik dan keterampilan kerja yang kita jalani. Nah, karena kita telah mendekati bulan puasa, saatnya kita menata hati dan pikiran,” ujar Amin.
Tausiah disampaikan oleh Ustaz Ahmad Musyafa’ Asady. Ustaz yang dipanggil Gus Syafa’ tersebut mengawali ceramahnya dengan mengajak hadirin untuk senantiasa memohon pelindungan dan mengharapkan hajatnya agar dikabulkan oleh Allah SWT. “Allah semakin senang jika umat-Nya terus berharap pada-Nya,” ujar salah satu pengasuh Pondok Pesantren Nurul ‘Ulum Malang ini.
Gus Syafa’ menjelaskan, hal tersebut merupakan tindakan yang mencerminkan kerinduan umat muslim akan hadirnya bulan Ramadan. “Di dalamnya terdapat malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, yakni lailatul qodar,” katanya. Allah mengkhususkan bulan ini dengan keutamaan dan keistimewaan yang banyak. Namun, kerinduan itu juga harus diimbangi dengan kesungguhan hati menjalankan segala amalan dan menjauhi larangan-Nya.
Salah satu peserta, Rara Aditi Inandriciya, S.E., mengapresiasi kegiatan yang telah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya ini. “Sangat membantu dalam meningkatkan kapasitas kami dalam hal keimanan dan ketakwaan untuk menjadi sumber daya manusia di UM yang berkualitas,” ujarnya. Peserta lain, Eka Fauziah, S.Pd., mengungkapkan bahwa acara tersebut dapat meningkatkan pengetahuan. “Kan masih banyak yang wawasannya kurang tentang amalan-amalan bulan puasa,” tukas Eka. Arvendo

Bagikan informasi ini: