Kopma UM Berjaya di Ajang Bergengsi

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Juli, Dinas koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur mengadakan serangkaian lomba yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman arti pembangunan koperasi bagi anggota koperasi khususnya mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, juga memberikan makna kepada masyarakat tentang arti penting koperasi sebagai dasar kekuatan ekonomi rakyat. Tema yang diambil yaitu “Koperasi menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan untuk Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”.
Dalam acara tersebut, Dinas Provinsi Jawa Timur mengadakan tiga belas  cabang lomba, diantaranya Koperasi Berprestasi Kelompok Koperasi Jasa, Kelompok Koperasi Konsumen, Kelompok Produsen, Kelompok Koperasi Simpan Pinjam, Kelompok Koperasi Pemasaran, Lomba Karya Tulis Perkoperasian kategori umum, Lomba Karya Tulis Perkoperasian kategori mahasiswa, Lomba Debat Koperasi kategori mahasiswa, Lomba Cerdas Cermat kategori Kopsis, dan masih banyak lagi.
Lomba tersebut diikuti oleh mahasiswa maupun masyarakat umum. Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UKM Kopma UM)  mengirimkan tiga delegasi untuk mengikuti salah satu lomba, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) kategori mahasiswa yang diikuti oleh seluruh mahasiswa koperasi di Jawa Timur. Waktu dan jadwal pelaksanaan lomba tersebut mulai dari bulan Februari sampai Juli. Mulai dari proses penghimpunan karya tulis yang masuk, penyeleksian karya tulis terbaik, dan penyaringan sepuluh besar. Dalam penyaringan ini, ketiga delegasi mahasiswa Kopma UM melaju untuk presentasi ke Dinas Jawa Timur (18/04).
Tim juri yang menilai presentasi tersebut  dari Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Timur,  dan tenaga ahli. Kriteria karya tulis dilihat dari bobot materi tulisan yang telah ditentukan, kekayaan informasi yang terkandung, kekuatan data dan fakta, kadar manfaat bagi si pembaca, serta teknik dalam penulisan. Setelah itu, dari  sepuluh besar tersebut diseleksi lagi menjadi lima besar yang nantinya bakal memperebutkan juara. Ketiga delegasi Kopma UM pun melesat di babak lima besar. UM berhasil menyabet juara 2 yang diraih oleh Renika Cristia Ningrum dari Jurusan Manajemen, juara 3 diraih oleh Rahayu Intan Nurjannah dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, dan juara harapan 2 diraih oleh Asa’a Nur Fadhilah dari Jurusan Akuntansi.
Penyerahan hadiah kepada pemenang bertempat di Hotel Narita Tulungagung pada Kamis, (20/07) pukul 14.00 WIB. Selain itu, peringatan puncak Hari Jadi Koperasi ke-70 dari Provinsi Jawa Timur  juga dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Lembu Peteng, Tulungagung. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan penggiat koperasi se-Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, serta Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. ”Dengan adanya karya tulis mahasiswa tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran yang kritis, realistis, serta patut diberikan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah. Kegiatan Lomba Karya Tulis Perkoperasian sangat efektif dan strategis untuk menampung aspirasi masyarakat di bidang pemberdayaan koperasi,“ tutup Soekarwo.Desi

Bagikan informasi ini: